SEBERAPA PENTING LATTE ART PADA LATTEMU?

Fenomena latte art yang tak pernah mati menjadi pertanyaan di tiap kepala para penikmat kopi. Seberapa penting sebenarnya latte art pada secangkir latte?

JIKA kamu bertanya pada saya yang memang sangat menyukai latte peran latte art adalah penting tak penting. Kenapa? Karena tanpa latte art secangkir hot latte akan tetap menjadi hot latte tanpa ada kurang suatu apapun. Sedangkan kehadiran latte art sendiri menambah sensasi indah pada cangkir. Seperti memberi sentuhan estetis pada nikmat kopi yang memang sudah sedemikian adanya.

Seperti diketahui bahwa secangkir latte itu terdiri espresso, susu, dan busa susu. Komposisi ketiga komponen ini sudah ditetapkan dan melebur sempurna dalam satu tegukan. Kehadiran latte art pada permukaan minuman ini menyempurnakan segalanya seperti ceri pada black forest. 

credit: stali.com.au

Jika barista cermat perihal menciptakan latte art pada latte, seharusnya rasa asli latte harusnya tidak terganggu. Sayangnya, akhir-akhir ini latte art justru dinilai lebih penting ketimbang rasa latte itu sendiri. Demi sebuah latte art nan mahakarya ini, barista melupa esensi latte itu sendiri. Microfoam seringnya tidak sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan, rasa latte hancur lebur karena keseimbangannya dirusak oleh sesuatu yang harusnya memberi nilai lebih.

Hal ini diperparah oleh para konsumen yang juga berpendapat bahwa latte art lebih penting dari latte itu sendiri. Padahal jika benar-benar cermat latte dan latte art bisa hadir secara bersamaan tanpa merusak apapun, termasuk kenikmatannya. Jadi apakah latte art penting pada secangkir latte? Jawabannya penting: karena keindahan harusnya seiring sejalan dengan kenikmatan.

credit: pinterest.com

Jadi apa pentingnya latte art sebenarnya?

  • Instagram value! Ini penting untuk mempromosikan sebuah kedai kopi. Latte art adalah daya tarik paling yahud untuk membuat penikmat kopi pemula mampir di kedai kopimu. Itu kenapa akhirnya banyak tercipta aneka latte art mulai dari yang 3D hingga warna-warni.
  • Untuk kompetisi di antara barista. Oleh karena itu ada yang namanya World Latte Art Championship. Buat mereka yang serius di bidang ini, latte art bukan sekedar performance di atas cangkir saja. Latte art adalah karya seni yang ada kompetisinya.
  • Tentunya menambah kebahagiaan para penikmat latte. Ya, siapa yang tak suka menerima secangkir latte yang latte art-nya cantik bukan kepalang, ya kan?

Foto utama dari hola.coffee

3,988 total views, 32 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.