SEBERAPA PENTING PERLENGKAPAN BARISTA

Tiap perlengkapan barista memiliki peran yang mempengaruhi kualitas sajian kopi yang dibuat oleh barista, seberapa penting tergantung kenyamanan ketika digunakan oleh barista.

PALING umum, ada beberapa perlengkapan yang selalu digunakan oleh barista dan di antaranya digunakan untuk mengurangi waktu pembuatannya, memaksimalkan kecepatan tiap sajian. Tentunya sebelum menentukan perlengkapan barista seperti apa yang harus ada di meja bar, kita harus mempertimbangkan tanpa/dengan perlengkapan barista tersebut apakah sangat membantu kualitas sajian atau mengurangi waktu pembuatan, dan pertimbangan lainnya. Sekilas tentang perlengkapan barista dan pertimbangan seberapa penting untuk dimiliki.

TAMPER
Untuk seorang barista, salah satu yang terpenting adalah tamper, perlengkapan ini harus dimiliki karena berkaitan dengan kualitas sajian. Bagaimana tamper dapat memadatkan bubuk kopi pada portafilter sehingga menghasilkan kualitas espresso ketika dishot oleh air seduhan. Jenis tamper pun berbeda-beda, sesuai dengan diameter dari portafilter dan tentunya tingkat kenyamanan ketika digunakan. Permukaan bagian bawah tamper pun dibedakan menjadi 2 jenis, flat tamper dan confex tamper jenis lainnya yang ada adalah perkembangan dari confex tamper. Maka untuk membeli tamper, pastikan seberapa nyaman pegangan tamper, diameter tamper, dan bagian bawah tamper sesuai kebutuhan.

credit: baristawarehouse.com.au

DISTRIBUTOR
Perlengkapan distributor untuk beberapa barista masuk dalam daftar tidak terlalu penting, hanya saja pada intensitas pengunjung yang ramai dengan pesanan sajian yang cepat, perlengkapan distributor menjadi sangat penting dan sangat membantu. Beberapa barista untuk meratakan bubuk kopi setelah dimasukkan ke portafilter hanya menggunakan jari dan tentunya perlu keahlian khusus dan memakan waktu yang agak lama serta tingkat kepadatan setelah meratakan bisa berbeda-beda di tiap sajian. Namun dengan menggunakan distributor dengan sangat mudah mampu meratakan bubuk kopi dan kemudian sentuhan akhir diratakan kembali dengan tamper. Seberapa penting distributor, tergantung situasi intensitas pengunjung yang mengharuskan memiliki perlengkapan ini dan tergantung kebutuhan barista akan perlengkapan distributor.

Credit : bigcommerce.com

TAMP MAT
Portafilter yang berisi bubuk kopi selanjutnya akan dipadatkan menggunakan tamper dan dengan bantuan distributor, tapi sebagai alas untuk memastikan tingkat kepadatan dalam kondisi yang rata dibutuhkan alas untuk tamping. Maka tamp mat menjadi penting untuk digunakan pada proses pembuatan espresso, jika tidak ada tamp mat tidak mungkin melakukan tamping pada alas meja bar saja, ini akan terjadi gesekan antara material meja bar dengan portafilter dan sangat merugikan. Tamp mat umumnya dibuat dengan bahan karet lembut sehingga ketika portafilter diletakan pada tamp mat pada saat tamping menjadi mudah. Desain tamp mat berbeda-beda, ada yang dibuat sekaligus untuk wadah tamper dan distibutor serta desain lainnya yang bertujuan untuk membantu dan memudahkan tiap proses membuat espresso.

credit: joefrex.com

MILK JUG
Untuk membuat sajian kopi dengan susu sebagai tambahan untuk espresso, akan membutuhkan perlengkapan penting lainnya. Untuk membuat cappuccino atau pun latte art, milk jug menjadi penting untuk dimiliki melengkapi kebutuhan mempersiapkan sajian kopi di meja bar. Milk jug seperti apa yang harus dimiliki tergantung kebutuhan dari barista untuk menyajikan sajian kopi milk-based mereka. Apakah mempertimbangkan seberapa banyak milk jug mampu menampung susu atau seberapa baik milk jug ketika digunakan untuk membuat latte art, atau bagaimana tingkat kenyamanan milk jug ketika dipegang untuk digunakan.

credit: thespruceeats.com

PERLENGKAPAN KEBERSIHAN
Memastikan kebersihan di tiap prosesnya adalah sebuah keharusan dalam industri makanan dan minuman. Kebersihan merupakan hal paling mendasar untuk menciptakan kualitas sajian kopi, termasuklah dalam proses pembuatan espresso. Sebabnya perlengkapan kebersihan untuk menjaga meja bar tetap bersih menjadi sangat penting, seperti apron, lap, atau pun perlengkapan kebersihan lainnya. Bahkan untuk perawatan mesin espresso agar tetap dalam kondisi bersih, tiap barista harus menyediakan brus untuk membersihkan grouphead, bubuk backflush dan keperluan kebersihan lainnya di meja bar mereka.

Maka untuk menentukan seberapa penting perlengkapan yang harus dimiliki seorang barista, perlu mempertimbangkan kegunaan dari perlengkapan tersebut dan disesuaikan dengan tingkat kenyamanan ketika digunakan. Perlengkapan barista masih banyak lagi, dan sebagian yang telah diulas di sini.

src: dailycoffeenews.com img: lovemycoffeecup.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.