SECANGKIR KOPI TERKECIL DI DUNIA DISEDUH DENGAN SATU BIJI KOPI

Kreativitas yang terinspirasi dari kopi memang ada-ada saja. Salah satunya menyeduh kopi hanya dengan menggunakan satu biji kopi saja.

IDE kreatif ini dibuat oleh sebuah perusahaan kopi terkemuka bernama Paulig. Paulig sendiri adalah sebuah perusahaan kopi asal Finlandia yang sudah malang melintang di industri kopi sejak 1876. Tak hanya puas dengan kesuksesan perihal kopi yang mampu merebut hati masyarakat Finlandia, Paulig pun membuat sebuah video kampanye yang tak pernah terpikirkan oleh perusahaan lain.

“Secangkir kopi terkecil di dunia” tercetus dengan menggandeng seorang desainer kreatif yang berdomisili di Helsinski, Lucas Zanotto. Bersama Lucas Zanotto, Paulig pun mengabadikan proses menyeduh kopi secara manual pour over dengan menggunakan satu biji kopi saja. Satu buah biji kopi ini kemudian ‘diparut’, bukan digiling karena tak mungkin menggiling satu biji kopi.

Setelah biji kopi digiling kemudian disiapkan sebuah server kopi mini sebagai wadahnya. Selayaknya Chemex, Hario V60 dan pour over lainnya, server kopi mini tadi lalu dibubuhi sebuah coffee filter berukuran mini juga. Kemudian air yang digunakan juga didihkan dengan wadah yang mini. Sungguh benar-benar menggemaskan! Segala alat kopi yang digunakan untuk menyeduh kopi ini tak lebih dari sebesar ruas jari. Benar-benar mini sekali. Setelah air dipanaskan lalu kopi diletakkan di atas coffee filter dan terjadilah proses menyeduh. Setelah selesai lalu dituang seperti biasa ke dalam cangkir yang mungkin besarnya sebesar kuku orang dewasa.

Tim Paulig dan Lucas Zanotto mengatakan bahwa video menyeduh kopi dengan cara unik ini bertujuan menyuarakan bahwa menyeduh kopi adalah soal ketelitian, kehati-hatian serta konsistensi. Oleh karena itu, segala detail dalam kopi haruslah diperhatikan karena akan memengaruhi hasil akhirnya. Wah pantesan videonya keren sekali. By the way sudah ngopi hari ini?

Artikel dan foto disunting dari openculture.com

 

jual-alat-alat-kopi

 

436 total views, 4 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.