BEGINI SEDUH CASCARA KOPI PAKAI FRENCH PRESS

Jika kamu memiliki teh cascara kopi yang mungkin kamu beli dari petani kopi langsung, atau membelinya dari roaster langganan kamu, simak tips bagaimana cara seduh teh cascara kopi

TIDAK ada yang salah dengan sajian teh cascara kopi, walau pun banyak perdebatan yang lahir dari sajian teh cascara kopi, ada yang berasumsi bahwa sajian ini adalah kopi dan ada yang berasumsi sajian tersebut adalah teh. Namun pun demikian, faktanya sekitar 12-25% lebih sedikit kandungan kopi pada berat yang sama pada bubuk kopi. Di sini saya pun tidak ingin, berdiri di salah satu pihak, apakah itu teh atau kopi, yang jelas bagiku cascara semacam infused water.

Cascara sendiri merupakan kulit luar yang kering dari ceri kopi, penamaan cascara diambil dari bahasa Spanyol yang berarti kulit buah. Proses ini dikumpulkan selama tahap pulping berlangsung, dan biasanya produsen kopi menggunakan wet method. Dan selanjutnya setelah kulit terpisah, kulit dari buah ceri akan dikeringkan dan digunakan sebagai seduhan teh.

Teh cascara berwarna terang cenderung encer seperti jus apel, dengan kehalusan rasa manis yang ringan. Sebenarnya cascara pun secara teknis tidak tepat untuk disebut teh, karena pada umumnya teh diproduksi dari daun teh, sedangkan cascara dari buah kopi. Kamu punya french press, dan ingin mencoba sajian dari cascara, simak langkah seduhnya.

credit: ineedcoffee.com

Lalu berapa rasio yang digunakan untuk menyeduh cascara, apakah memiliki kesamaan dengan rasio seduh kopi pada umumnya. Rasio untuk membuat cascara menggunakan french press relatif sesuai keinginan, tapi kebanyakan orang menggunakan rasio 1:15 untuk karakter rasa yang berimbang.

Yang Dibutuhkan
Cascara Kopi
Alat French Press
Air Panas Secukupnya

Cara Membuat

  • Masukkan cascara pada wadah french press, dan pastikan sebelum digunakan french press dalam keadaan bersih setelah pre-heat.
  • Kemudian tuang air panas ke wadah french press, tidak perlu terlalu panas pada titik suhu panas yang sewajarnya saja
  • Tunggu selama 4 menit agar air panas merendam kesuluruhan cascara dan kemudian air akan berubah warnah, jika perlu aduk cascara agar lebih menyeluruh
  • Setelah 4 menis, tekan plunger untuk memisahkan cascara dengan air teh cascara, maka teh cascara kopi siap untuk dinikmati, sangat nikmat disajikan panas atau pun dingin

src: ineedcoffee.com img:

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.