SEDUH KOPI SENDIRI ALA V60 SAAT TRAVELING, PERSIAPKAN BERIKUT INI

Siapa bilang kalau bepergian ke alam bebas tidak bisa ngopi ala pour over.

BAGI mereka yang tak mungkin lepas dari kegiatan ngopi dan ritual sedunya, mungkin tidak ngopi satu hari saja akan menjadi sebuah kesalahan. Namun sebenarnya apa pun kesibukannya, apa pun aktivitasnya sebenarnya menyeduh kopi bisa saja. Belum lagi, perkembangan pesat alat kopi speciality sekarang ini memudahkan orang-orang untuk menyeduh kopi di mana pun.

Sebagai contoh, untuk mereka yang hobi minum espresso namun sedang bepergian, tidak perlu mencari kedai kopi atau bahkan tidak perlu membawa espresso machine ketika sedang jalan jauh. Cukuplah sedia espresso maker portable yang mudah untuk dibawa ke mana saja kita mau, sesaat ingin minum espresso kita bisa langsung membuatnya.

Tiap penikmat kopi tentunya punya kecintaan tersendiri akan metode seduh, jadi tidak semua orang yang menyukai sajian kopi espresso untuk traveling. Namun, tidak perlu khawatir buat kita yang jatuh cinta dengan sajian kopi v60 juga bisa seduh kopi sendiri ketika traveling. Sebelum itu, kita harus mempertimbangkan dan mempersiapkan alat seduh kopi kita.

MANUAL GRINDER
Mempersiapkan manual grinder sebelum bepergian, hal ini mengacuh pada biji kopi yang akan digunakan. Tergantung kita akan bepergian berapa hari, jika sampai seminggu lebih baik menggunakan biji kopi dan mempersiapkan manual grinder. Sedangkan untuk bepergian satu hari saja, bisa hanya dengan mempersiapkan bubuk kopi dari rumah tidak perlu menggilingnya di tempat. Tapi, jika ingin mencari manual grinder, kami mereferensikan manual grinder yang nyaman untuk kita gunakan, cek disini.

credit: thatdelicious.com

AIR PANAS UNTUK MENYEDUH
Hal penting lainnya selain biji kopi, kita perlu mempersiapkan air panas untuk seduh kopi. Solusi untuk menyeduh kopi di alam bebas, tentu harus membawa kompor dan juga ceret, tapi bukan berarti harus membawanya yang berukuran besar. Kompor kecil yang banyak tersedia di toko traveling juga bisa, dan ceret kecil yang mampu memanaskan air untuk seduhan kopi.

CANGKIR
Setidaknya kita harus menyediakan satu buah cangkir untuk wadah air kopi kita. Jika metode v60 seperti yang kita lihat di kedai kopi menggunakan server, bukan tidak mungkin membawa server saat traveling, hanya saja akan menambah ruang bawaan di tas kita. Solusinya, dengan membawa cangkir yang tahan dan tidak mudah pecah, umumnya cangkir untuk traveling yang terbuat dari stainless tebal, coba lihat Enamel Mug. Cangkir yang tebal ini berfungsi juga sebagai server yang menahan dripper ketika menyeduh kopi.

credit: kurasu

TETRA DRIP
Solusi untuk menikmat kopi ala v60 adalah tetra drip, mengapa tetra drip? Alat kopi satu ini sangat direkomendasikan untuk kita yang pergi traveling dan hobi seduh kopi sendiri ala v60. Hanya menyediakan paper filter untuk menyeduh kopi, kita sudah bisa seduh kopi ala v60 di alam bebas. Jangan khawatir dengan tetra drip, karena dripper ini sangat fleksibel dan bisa dilipat sehingga tidak memakan ruang tas yang berlebih.

Tetra drip adalah salah satu perlengkapan kopi untuk mewujudkan ngopi di alam bebas, banyak lagi perlengkapan dan alat kopi yang bisa mewujudkan hasrat ngopi kita di alam bebas. Caflano klasic yang didalamnya sudah termasuk dripper, mug, dan lainnya, atau cukup dengan menyediakan Otten Drip Coffee bubuk kopi yang dikemas siap seduh hanya tinggal pouring air panas saja.

Pernah mencoba Tetra Drip untuk seduh kopi sendiri?

img: pinterest

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.