SEDUH KOPI SENDIRI DENGAN FRENCH PRESS, SIMAK ULASANNYA

Siapa bilang hanya barista yang bisa buat kopi nikmat, kamu juga bisa kok seduh kopi sendiri dengan hasil akhir yang serupa sajian dari kedai kopi. Hanya saja, perlu banyak belajar, latihan dan latihan, agar menemukan konsistensi rasa pada sajian kopi kamu.

SEDIKIT ulasan singkat tentang metode seduh kopi menggunakan French Press, banyak orang yang menyerah mencoba buat kopi karena tidak paham dengan rasio kopi berbanding dengan air seduhan. Bahkan, seorang teman beranggapan membuat kopi saja sama membingungkannya dengan meracik ramuan ilmiah. Tiap orang punya hak untuk memaknai kopi, tapi hal yang membingungkan tersebut jika dilalui dan dengan hasil akhir yang diinginkan, disitulah letak istimewanya.

Izinkan saya mengulas secara sederhana, hal yang membingungkan ketika membuat kopi, khususnya menyeduh kopi dengan French Press. Metode seduh V60 bisa dibilang sulit untuk dimengerti, namun untuk sebagian orang French Press malahan menjadi salah satu metode yang sulit menurutnya.

SECARA TEORI DAN FAKTA FRENCH PRESS

Bubuk kopi yang dimasukkan ke wadah French Press akan mengalami perendaman ketika bertemu dengan air seduhan. Kemudian, untuk beberapa saat setelahnya, bubuk kopi yang direndam tadi ditekan ke bawah menggunakan plunger. Nantinya bubuk kopi akan berkumpul di bagian bawah pada French Press, inilah mengapa hasil akhir French Press begitu jelas karakter rasa pahitnya. Karena bubuk kopi terlalu lama bertemu dengan air seduhan, berbeda dengan V60 yang memiliki karakter acidity yang jelas karena air seduhan hanya mengaliri bubuk kopinya saja.

Faktanya metode seduh satu ini terbilang sangat mudah untuk digunakan, hanya saja hasil akhir dari kopi ini yang membuat orang menyerah. Sajian kopi dari French Press cenderung memiliki karakter rasa pahit yang jelas dan kesan kopi yang berminyak. Maka, perlu tips atau formula yang tepat untuk mengatasi hasil akhir yang kurang menyenangkan tersebut. Bisa saja dengan mengatur rasio bubuk kopi atau dengan menambahkan susu, pasalnya kopi dengan rasa pahit yang jelas sangat nikmat untuk ditambahkan susu.

credit: crema.co

GILINGAN BUBUK KOPI DAN TEMPERATUR AIR SEDUHAN

Tentunya hubungan antara keduanya yang paling perlu untuk diperhatikan di tiap sajian kopi, seberapa kasar bubuk kopi dan seberapa panas air seduhan yang digunakan. Untuk membuat kopi menggunakan French Press, lebih baik dengan ukuran gilingan yang kasar, sebab jika gilingan halus maka bubuk kopi akan melewati filter pada plunger ketika ditekan. Hasil akhir dengan bubuk kopi yang halus, maka kopi akan bercampur dengan bubuk kopi dan ini kurang menyenangkan untuk dinikmati. Karakter rasanya pun cenderung ke karakter rasa yang pahit, semakin halus bubuk kopi maka akan cepat mengalami ekstraksi yang berlebih bila terlalu lama bertemu dengan air seduhan.

Titik suhu untuk air seduhan yang dianjurkan pada 90 hinga 96 derajat celsius, terkait dengan sajian nikmat menggunakan French Press ternyata lebih menarik menggunakan air yang tidak terlalu panas. Sebab, air seduhan yang terlalu panas akan dengan cepat mengekstraksi bubuk kopi bahkan dengan waktu yang lama dapat menghanguskan bubuk kopi sehingga rasanya tak menarik lagi. Menggunakan air seduhan di titik suhu 90 derajat celsius, mungkin akan menciptakan karakter rasa yang nikmat dari French Press. Saran seorang teman, jika selesai menyeduh kopi menggunakan French Press dan masih ada sisa kopi lebih baik tuang ke cangkir lainnya, jangan biarkan air kopi terendam bersama bubuk kopi, maka rasanya akan semakin bitter.

credit: BeanScene Magazine

MENGHITUNG RASIO KOPI TANPA SCALE UNTUK FRENCH PRESS

Untuk menciptakan sajian kopi yang nikmat, sudah seharusnya teliti mengukur berapa gram bubuk kopi yang digunakan dan berapa ml air untuk seduhannya. Umumnya para barista atau home brewers, menghitung rasio menggunakan scale seperti Yami, Brewista atau pun Acaia. Tapi jika ingin seduh kopi sendiri dengan French Press tapi tidak mempunyai scale, berikut perhitungan rasionya menggunakan cangkir dan sendok makan.

1 Cangkir = 235ml
1 Sendok Makan (sdm) = 14,5gr [dalam bentuk bubuk]

Sajian 1 org = 1 cangkir air – 2 sdm biji kopi
Sajian 2 org = 2 cangkir air – 1/4 cangkir biji kopi
Sajian 4 org = 4 cangkir air – 1/2 cangkir biji kopi
Sajian 8 org = 8 cangkir air – 1 cangkir biji kopi

Biji kopi diukur terlebih dahulu kemudian digiling, bisa dibilang 2 sendok makan bukan 29gr bisa jadi sekitaran 25gr. Selamat bahagia seduh kopi sendiri di rumah menggunakan French Press. Kopi yang segar untuk kopi yang nikmat, cobain juga Coffee Press dari Rivers, lihat di sini

SRC: thekitchn.com metric-conversions.org IMG: The ChefSteps Blog

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.