SEDUH KOPI SENDIRI DI RUMAH ATAU DISEDUHIN BARISTA

Perihal ngopi, mengapa ada orang yang memilih untuk seduh kopi sendiri di rumah dan ada pula yang memilih untuk ngopi di kedai kopi sendirian atau pun bareng teman ngopinya.

SEMAKIN ke sini, sajian kopi bukan hanya untuk mereka yang hanya mengerti tentang kopi. Bagaimana kopi nikmat disajikan secara nikmat atau bagaimana kopi dapat menciptakan karakter acidity yang nyaman. Semua orang kini bisa dengan mudah menikmati kopi mereka di mana pun mereka suka. Tidak selamanya kopi nikmat hanya ada di kedai kopi, malahan pesatnya perkembangan kopi kini, siapa pun bisa seduh kopi nikmat sendiri di rumah – rumah mereka.

Jika khawatir tidak bisa membuat kopi sendiri dengan kualitas rasa yang nikmat dan lebih mempercayakan kopi kita pada barista, tidak ada salahnya juga. Tiap penikmat kopi punya cara tersendiri untuk memaknai secangkir kopi mereka. Tapi salahkah penikmat kopi yang beralih menjadi seorang home brewer, tidak juga. Sedikit alasan mengapa kita harus coba seduh kopi sendiri di rumah.

LEBIH HEMAT BIKIN KOPI SENDIRI
Tentunya, untuk alasan ini semua penikmat kopi sepakat. Ngopi di rumah lebih hemat dari pada ngopi di kedai kopi. Jika secangkir kopi manual brew berkisar di harga 15.000 maka untuk menyeduh kopi sendiri di rumah bisa 3 hingga 4 kali minum tergantung berapa ml dalam satu kali sajian kopi. Tapi sebelum kita buat kopi tentunya kita harus melengkapi peralatan seduh kita. Seperti manual grinder, kettle, dripper, Aeropress, dan alat kopi lainnya yang bisa kamu lihat di sini.

 

credit: depositphotos.com

MENUNGGU ATAU SEDUH KOPI SENDIRI?
Ngopi di kedai kopi bisa dibilang relatif tidak membutuhkan waktu yang lama, walau pun ada juga kedai kopi yang terlalu lama menyajikannya ke meja kita. Jika membandingkan waktu yang digunakan untuk menungu dengan menyeduh kopi sendiri, lebih menyenangkan seduh kopi sendiri. Menunggu kopi selesai dibuat pasti kita mencari kesibukan, apakah sibuk dengan smartphone atau mengobrol dengan teman ngopi. Berbeda situasinya jika membuat kopi di rumah, tentu waktu tersebut terganti, diisi dengan kegiatan ritual seduh kopi. Apakah itu mempersiapkan bubuk kopi, memanaskan air, dan lain sebagainya.

TAK PERLU KHAWATIR DENGAN PENAMPILAN KETIKA NGOPI
Bayangkan ketika kita akan pergi ngopi di kedai kopi, berapa lama persiapan ketika ingin ke luar rumah. Apakah itu memilih pakaian, atau mempersiapkan keperluan lainnya, memang untuk beberapa orang tidak terlalu mempersiapkan banyak keperluan ketika mereka ke luar rumah. Tapi, bagaimana pun ngopi di rumah tidak perlu khawatir dengan penampilan, karena tidak ada orang lain yang memperhatikan kita. Apa pun yang kita kenakan, bagaimana pun cara minum kopi kita, terserah senyamannya kita ketika di rumah.

credit: Coffeedesk.com

BISA EKSPERIMEN RASA DENGAN RASIO BERBEDA
Sangat tidak mungkin untuk kita bereksperimen ketika ngopi di kedai kopi. Seorang barista atau pun kedai kopi punya resep kopi mereka sendiri. Rasio kopi yang mereka gunakan, tentu sudah menjadi standar kerja tidak mungkin untuk kita minta diseduhkan kopi dengan rasio lain. Jika pun diperbolehkan hal yang demikian, akan terkesan mengganggu untuk kita meminta diseduhkan kopi dengan rasio yang berbeda. Tapi jika menyeduh kopi sendiri di rumah, kita bisa saja eksperimen rasa dengan rasio yang berbeda. Eksperimen rasa ini biasanya akan melatih lidah kita lebih sensitif akan perubahan rasa dari rasio kopi yang berbeda.

RITUAL PALING MENYENANGKAN
Mungkin untuk seduh kopi pertama kali, kita tidak akan menemukan rasa nyaman ketika diminum, kalau pun ada yang bisa latihlah terus agar seduhan kopi berikutnya konsisten. Menjaga konsistensi ketika menyajikan kopi yang nikmat tentunya sulit, perlu banyak latihan dan latihan. Kesempatan latihan ini tentu tidak bisa kita miliki jika ngopi di kedai kopi. Proses seduh kopi ini sangat menyenangkan ketika kita berhasil menciptakan karakter rasa yang kita inginkan.

Walau pun demikian, biarlah secangkir kopi menjadi begitu menyenangkan dengan cara masing-masing penikmatnya.

src: spoonuniversity.com img: blog.haveacoffee.com.br

2 Comments
  1. Apa peralatan minimal untuk bs jualan kopi sederhana, rencana menu expresso, latte, cppucino, mochacino dan sedikikit art kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published.