SEKILAS BINCANG SOAL ESPRESSO MAKER MANUAL

Banyak yang mengira saya membual ketika mengatakan bahwa espresso maker manual mampu memuaskan para penikmat espresso. Padahal memang benar adanya.

MEREKA bilang mesin espresso adalah yang terbaik dalam menghasilkan espresso enak. Jujur, pendapat itu benar adanya. Mesin espresso diciptakan sedemikian rupa dengan teknologi luar biasanya yang membuatnya tangguh menghasilkan puluhan espresso dalam sehari. Ah, seratus malah.

Mesin espresso ‘besar’ (double, triple boilers) memang diperuntukkan untuk kegiatan komersil. Di kedai-kedai kopi yang pengunjungnya mengalir seperti arus sungai. Namun, meski sebegitu hebatnya mesin espresso pada umumnya, ada yang tak bisa dia lakukan yaitu dibawa berpergian. Dia tak bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan mobilitas tinggi. Celah ini diisi oleh espresso maker manual yang sekarang menjamur bagai rindu di musim hujan.

Apakah Espresso Maker Manual Bisa Memuaskan?

Jika soal kepuasan, tentu jawabannya bisa. Tapi jika jawabannya mampukan menandingi mesin espresso biasa tentu hal ini tidak apple to apple karena dua hal ini sangat berbeda. Pembuat espresso manual diperuntukkan untuk penggunaan rumahan. Untuk penikmat kopi yang berpergian dan bukan untuk urusan komersil.

Namun meski begitu, espresso maker manual ini diciptakan tidak dengan sembarangan. Rata-rata tekanan yang bisa dicapai mereka adalah 18 bar dan krema yang dihasilkan tebalnya indah melingkar bagai cincin eman. Well, ini tergantung jenis kopi, level gilingan dan faktor pendukung lainnya tentu saja.

Selain itu, harga yang beragam mulai dari 800 ribuan (sebut saja Staresso, Cafflano Kompresso, Minipresso dan lain-lain) memungkinkan semua orang bisa menikmati espresso di rumah tanpa perlu ke kedai kopi.

Espresso yang dahulunya hanya milik kedai kopi dan kaum-kaum borjuis, kini bisa dinikamti siapapun. Espresso maker manual memenuhi kebutuhan kita. Dia memuaskan dengan cara yang sederhana. Pun kenikmatan rasanya tak bisa dianggap buruk karena saya sendiri beberapa kali puas menikmati espresso dari alat-alat manual ini.

Espresso Maker Manual untuk Komersil

Meski sebenarnya alat kopi jenis ini bukan diperuntukkan untuk urusan komersil, namun banyak kedai kopi kecil yang ‘bandal’ menggunakannya. Sebut saja Rok Presso dan Flair Espresso Maker. Dua alat espresso manual ini sering kali saya jumpai di kedai-kedai kecil. Para pemilik kedai mengatakan bahwa dua alat ini mampu bekerja menghasilkan kopi enak. Meski dalam waktu beberapa bulan beberapa suku cadangnya harus diganti karena bekerja terlalu keras. But hey! At least it works!

credit: flairespresso.com

Kehadiran espresso maker manual di kedai kopi memberi alternatif untuk para pengusaha kopi pemula untuk memulai usahanya dengan budget kecil. Inilah kenapa keberadaan alat-alat ini diperhitungkan dan akan terus berkembang hingga saat ini.

Menurut kamu bagaimana? Apakah espresso maker manual layak untuk dimiliki?

 

Foto utama dari gadgetflowcdn.com

 

 

 

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments
  1. tentu saja !
    saya sudah pakai rokpresso setahun lebih dan hasilnya memuaskan untuk pemakaian pribadi
    lalu saya menambah koleksi dengan staresso yang sampai saat ini tidak mengecewakan.

  2. Saya menggunakan Flair Espresso Maker di kedai saya. Walaupun agak lamban untuk membuat secangkir espresso dan turunannya. Tapi komentar pelanggan Alhamdulillah selalu memuaskan. Dan saya belinya di Otten Senopati Jakarta. Thanks Otten.

Leave a Reply

Your email address will not be published.