News Tips

SEKILAS TENTANG ESPRESSO; TIDAK SELAMANYA BITTER

espresso machine


Espresso bukan sebutan jenis varietas kopi, dan bukan juga sebutan untuk proses roasting tertentu, espresso is ordinary coffee drink with extraordinary side effect.

APA yang kamu pikirkan tentang espresso, bagaimana pengalaman pertama kamu berkenalan dengan espresso, apa yang kamu ketahui tentang sajian kopi asal Itali ini. Jika kamu mengatakan bahwa espresso adalah kopi pahit, saya dapat menyimpulkan bahwa pengalaman pertama kamu minum espresso tidak begitu baik. Bukan berarti cangkir espresso pertama saya berjalan dengan lancar, sama dengan kamu espresso pertama saya, seperti langit terasa gelap karena sensasi bitter yang tidak terlalu ramah di lidah.

But wait, tidak selamanya karakter rasa dari espresso itu bitter, ada juga espresso yang menciptakan hari kamu semakin berwarna. Pengalaman yang tidak terlupakan, saat berkenalan dengan espresso yang punya karakter rasa buah lemon. Bayangkan, bagaimana bisa minum kopi dengan rasa lemon sampai mengernyit raut wajah, dan perlahan bermenit kemudian profil rasanya sangat bersahabat dengan lidah. How could be, saya langsung mencari barista untuk memuaskan rasa ingin tahu akan espresso lemon ini. Mungkin cangkir espresso pertama begitu buruk, namun tidak selamanya espresso itu pahit.

Single Espresso and Double Espresso

Keduanya sudahlah pasti berbeda yang membuatnya sama extraction time, water pressure dan water temperature. Pada single espresso, biji kopi dan volume air lebih sedikit digunakan dibandingkan double espresso. Berdasarkan standar Institute Nazionale Espresso Italiano penggunaan biji kopi single ± 6.5 gram, double ± 13 gram dan penggunaan volume air single ± 29.5 – 37 milliliter, double ± 59.5 to 74 milliliter, dengan water pressure 90 C, water temperature 130.5 PSI/9 bar dan extraction time ± 25 detik.

crema espresso

credit: domenico verana

Behind a Good Espresso

Untuk menyajikan espresso yang baik, sudahlah pasti memerlukan peralatan espresso maker. Di era third wave kini, espresso tidak mesti dibuat oleh alat espresso yang begitu besar. Espresso kini dapat dibuat di dapur rumah, dan juga memungkinkan membuat espresso di luar rumah saat traveling.

Manual/Semiautomatic Espresso Machine/ Hampir semua maklum dengan mesin espresso yang mereka lihat di meja bar coffee shop. Merek seperti La Marzocco, Nova Simonelli, Slayer sudah ramai melengkapi bar-bar coffee shop ternama. Mesin espresso untuk kebutuhan minum harian di rumah kesannya sangat berlebihan, lebih sesuai untuk kebutuhan pantry kantor, atau coffee shop.

Automatic Espresso Machine/ Banyak disukai mereka para penikmat kopi yang inginkan espresso dan namun tetap sederhana. Automatic Espresso Machine menjadi pilihan yang sangat sesuai, tidak hanya untuk di rumah saja, ramai juga yang menggunakannya untuk melengkapi pantry kantor dan kedai kopi lokal mereka. Merek seperti Delonghi, Getra, banyak dicari penikmat espresso.

Manual Espresso Maker/ Seperti namanya, kamu dapat membuat espresso di rumah, karena manual espresso sememangnya diciptakan untuk memudahkan penikmat espresso untuk memenuhi kebutuhan kopi harian mereka. Di antaranya yang banyak diminati Rok Presso, Flair dan Bellman Stove Top.

Portable Espresso Maker/ Untuk kamu yang sering bepergian, espresso portabel sangat sesuai menemani perjalanan kamu. Jika kamu pernah melihat barista membuat espresso kesannya terlalu ribet, espresso portabel menjawab kemudahan membuat espresso. Banyak para traveller memilih Handpresso, Minipresso, Staresso untuk memenuhi kebutuhan espresso mereka saat bepergian.

Behind a Good Cup

Untuk menyajikan minuman espresso ternyata juga banyak yang harus kamu perhatikan. Yang terpenting untuk menyajikan secangkir espresso sebelumnya pastikan cangkir dan alat kopi dalam keadaan siap sedia, telah dipanaskan untuk membersihkannya pada tahap awal. Memilih kopi, level grind, tamping, adjusment mesin juga menjadi perhatian serius untuk menyajikan secangkir nikmat espresso. Waktu ekstraksi, kualitas air, kebersihan mesin espresso sememangnya juga harus diperhatikan. Ini semualah yang terkadang membuat perbedaan karakter rasa pada espresso.

src: espressoitaliano.org legacy.sweetmarias.com img: situs penelusur

orchestrale

1,116 total views, 2 views today

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply