SEKILAS TENTANG MACCHIATO

Bicara tentang menu espresso dan turunannya, ada satu jenis minuman turunan espresso yang tampaknya jarang dibicarakan. Ya kawan, perkenalkan macchiato!

SAYA sendiri mungkin bisa menghitung berapa kali memesan macchiato di kedai kopi. Minuman ini mungkin kalah popular di Indonesia. Ya, kita lebih familiar dengan cappuccino, caffe latte, mocha latte, piccolo latte dan kopi bersusu lainya. Kehadiran macchiato tampaknya hanya pelengkap penderita saja di daftar menu. Bahkan seorang teman pengusaha kedai kopi di Medan pernah mengatakan bahwa belum tentu dalam tiga hari ada yang memesan macchiato di tempatnya. Well..

Padahal di negeri asalnya sendiri, Italia, macchiato hadir lebih bermakna. Secara etimologi macchiato berarti ‘tanda’, ‘noda’. Itu kenapa macchiato hadir dalam bentuk secangkir espresso yang diberi ‘busa susu’ di atasnya. Dan seperti yang disunting dalam roastycoffee.com, macchiato harus disajikan di dalam demitasse cup, atau cangkir espresso karena ukurannya memang harus kecil.

credit : pinterest

Roastycoffee.com memaparkan bahwa macchiato awalnya tercipta karena orang-orang di Italia tidak terbiasa menikmati cappuccino di siang hari. Cappuccino adalah minuman pagi hari yang sering dijadikan menu sarapan bersama pastry dan roti. Sedangkan untuk meminum espresso di siang hari, rasanya terlalu membosankan. Maka, diciptakanlah menu espresso dan susu dalam ukuran kecil. Tak terlalu besar seperti cappuccino, namun memiliki sentuhan susu yang asyik dan tak semembosakan espresso. Macchiato hadir sebagai ‘di antara’. Minuman alternatif yang membuat orang-orang Italia berbahagia di jam-jam ngopi.

Namun ternyata di Italia sendiri jenis macchiato terbagi dua lagi. Ada yang namanya espresso macchiato. Yaitu secangkir espresso yang diberi bubuhan (kira-kira) dua sendok makan busa susu dan disajikan di cangkir espresso. Dan ada pula yang namanya latte macchiato, terdiri dari susu dipanaskan, espresso dan diberi busa susu. Dengan kata lain latte macchiato terdiri dari lebih banyak susu ketimbang espresso-nya. Meski tak sebanyak caffe latte biasa.

Di Indonesia sendiri macchiato umumnya muncul dalam bentuk espresso yang diberi sejumput busa susu. Hadir dalam cangkir espresso dan dinikmati secara cepat dalam satu teguk. Saya biasanya menikmatinya dengan sendok karena busa susu bercampur espresso rasanya sedap sekali. Ah, gara-gara menulis ini saya jadi ingin pesan macchiato lagi!

Artikel disunting dari roastycoffee.com

Foto utama dari peets.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.