SEKILAS TENTANG PROSES CASCARA KOPI

Cascara sisi lain dari buah kopi yang ternyata bukan kopi, bahkan kadar kafeinnya pun tidak bisa disebut sebagai kopi, karakter rasanya tidak mirip dengan kopi, tapi cascara merupakan bagian dari buah kopi itu sendiri.

Dari segi bahasa, cascara masuk pada kosa kata Spanyol yang berarti kulit, namun apakah Spanyol merupakan negara pertama yang menemukan cascara, saya pun tidak yakin. Cascara sebenarnya sama tuanya dengan minuman kopi, bukan hanya di Spanyol saja dijumpai minuman teh dari kulit kopi ini. Hampir di beberapa negara cascara juga ikut serta dalam perkembangannya. Seperti di Bolivia, Yaman dan juga Ethiopia, cascara juga sudah dikenal dalam kurun waktu yang cukup lama. Jadi cascara bukanlah hal baru lagi.

Katanya, cascara lahir dari alternatif limbah kopi saat prosesnya, apakah kulit kopi dibuang begitu saja, ataukah bisa dimanfaatkan lagi, dan akhirnya entah dengan inisiatif siapa, kulit kopi dijemur kembali dan diolah kembali maka jadilah cascara kopi, yaitu teh dari kopi. Lalu, bagaimana proses cascara sebenarnya?

credit: weheartliving.com

Saat proses buah kopi akan dijadikan biji, ada 3 metode yang mungkin untuk menghasilkan cascara kopi walaupun buah kopi sedang diproses.

– Pada proses natural, ceri kopi yang dijemur dan terpapar sinar matahari, beberapa kulit kopi ada yang terpisah dan ada juga yang terkelupas. Kulit kopi akan terlihat kerut kehitaman, dan hampir menyerupai tekstur pada kismis.
– Ketika proses washed, ceri kopi yang direndam untuk dipisahkan mana kopi yang akan selanjutnya diproses, dan mana kopi yang belum matang. Dan selanjutnya, ada pemisahan kulit kopi dan biji kopi, dari sinilah cascara kopi akan terpisah dan dijemur berbeda.
– Ada juga proses yang menggunakan dehidrator, sebuah bejana yang dapat menyerap kadar air, sehingga menjadi kering. Dehidrator pengganti penjemuran buah kopi. Setelah buah kopi dibersihkan hampir mirip proses washed, bedanya ditahap penjemuran menggunakan dehidrator, dan tidak dijemur.

credit: uncommoncoffeeroasters.com

Dan biasanya cascara diproduksi, sejalan dengan proses buah ceri menjadi biji kopi, nah kulit ceri inilah yang nantinya akan menjadi cascara dan diseduh menjadi teh dari kopi. Lalu bagaimana rasa dari secangkir cascara kopi, tidak jauh berbeda dari kopi, profil rasa cascara kopi juga dipengaruhi oleh origin, metode prosesnya, dan cara seduh. Namun, secara umum profil rasa cascara kopi hampir sama dengan rasa asam buah kering yang lebih nikmatnya hampir seperti rasa kismis, dan beberapa cascara cenderung memikiki rasa tart, tropical dan citrus.

src: standart; book of standing for the art of coffee img: milkwood.net

530 total views, 12 views today

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.