SELAI KOPI, KARAMEL, DAN APEL, SIMAK CARA MEMBUATNYA

Bagaimana ritual pagi hari yang selalu kamu jalani, apakah meneguk secangkir kopi atau hidangan sepotong roti dengan selai. Ingin merasakan kesan rasa kopi di hidangan sepotong roti kamu, yuk cobain selai dari kopi.

credit: freshpreserving.com

CARA menikmati sajian pagi hari tentu tiap orang berbeda, kalau saya lebih senang menikmatinya dengan secangkir kopi, sesekali dengan potongan roti gandum, seperti ini saja sudah cukup awali hari dengan perut terisi. Tapi terkadang ada keinginan untuk mencoba rutinitas yang berbeda, ketika suatu hari waktu terasa begitu cepat tentu akan menghemat jika kopi dan sepotong roti menjadi satu menu sarapan pikirku. Kemudian saya menemukan sebuah panduan untuk membuat selai dari kopi, penasaran dengan cara buatnya, saya pun mempelajarinya dari freshpreserving.com.

credit: ballhomecanning.com

Dengan selai yang terbuat dari bahan kopi, karamel gula merah dan apel ini, bisa kamu jadikan alternatif untuk menikmati pagi yang berbeda dari biasanya. Buatlah selai kopi ini di hari sebelumnya, kemudian nikmati keesokan pagi atau ketika ingin menyantap sepotong roti kamu dengan kesan rasa kopi. Bagaimana resepnya, yuk simak bersama.

Yang dibutuhkan:

  • 2 Cangkir Kopi dengan Body yang Kuat seperti espresso
  • 5 Gelas Buah Apel yang dipotong kecil
  • 4 Sendok Takar Pektin
  • ½ Sendok Teh bubuk Allspice secukupnya
  • 2 Cangkir Gula Merah secukupnya

Cara membuat:

  1. Lakukan pre-heat untuk wadah selai nantinya, dengan membilas toples kaca dan membersihkan tutupnya.
  2. Persiapkan espresso atau kopi dengan karakter rasa yang kuat, kamu bisa menyajikan espresso di rumah dengan Flair Espresso Maker.
  3. Didihkan potongan buah apel dan kopi dalam panci stainless, sudah mendidih kecilkan api dan tunggu hingga 10 menit hingga apel menjai lunak. Angkat apel yang sudah lunak, dan hancur menggunakan blender, kemudian masukkan kembali ke panci.
  4. Aduk bahan pektin dan allspice ke dalam panci, panaskan kembali hingga mendidih, masukkan gula dan aduk hingga larut, aduk keseluruhan hingga merata, jika sudah mendidih kecilkan api kemudian pastikan semua bahan sudah tercampur.
  5. Semua bahan pada tahap ini teksturnya sudah berubah menjadi selai, tuang selai panas ke dalam toples yang sudah di pre-heat agar suhu toples dan suhu sajian sama.
  6. Diamkan beberapa menit hingga dirasa sudah sesuai untuk ditutup, biarkan hingga 12-24 jam agar selai semakin nikmat ketika disantap dengan sepotong roti atau menjadi toping untuk sajian makanan lain.

Pektin adalah ekstrak bahan makanan yang umumnya untuk campuran bahan pembuat selai, sedangkan allspice adalah merica jamaika, kamu bisa mengganti bahan ini dengan bubuk pala, merica atau bahan lainnya. Jika dirasa ada beberapa tahap yang harus kamu ubah, silahkan eksplorasi untuk sajian selai buatan kamu.

sumber:
freshpreserving.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.