SENSORY SKILL; BELAJAR MENGENAL KARAKTER RASA KOPI

Sederhananya, tiap tahapan pada kopi akan mempengaruhi karakter rasa.

Jauh sebelum biji kopi di-grind menggunakan grinder mesin atau grinder manual, biji kopi mengalami banyak sekali tahapan seleksi. Apakah itu seleksi alam saat proses tanam dan selanjutnya seleksi kualitas biji sebelum dipasarkan. Mungkin kamu hanya tau, kopimu hari ini diseduh menggunakan metode Pour Over V60, Vietnam Drip, atau pun Aeropress. Sebelum diseduh kopi akan singgah di banyak tempat, dari petani kopi, green beans buyer, roaster, barista.

Jika kamu cari bad coffee di kedai kopi, ingatlah bad coffee tidak dijual oleh petani kopi. Semua kopi yang dipasarkan adalah biji kopi pilihan. Siklus saat masa tanam pun sangat diperhatikan, dari prapanen, panen dan pascapanen seperti yang pernah dibahas di sini. Dan selanjutnya biji kopi yang masih mentah tersebut akan pergi ke tempat seleksi lainnya, sebelum berakhir di meja kamu, secangkir kopi.

Untuk memperoleh karakter rasa kopi, biji kopi yang mentah mengalami seleksi lagi. Seleksi kali ini masuk pada tahapan di mana kopi akan di-roast, pada saat roasting butuh ketelitian dan perhitungan yang tepat untuk hasil kopi yang berkualitas. Lagi-lagi kopi mengalami uji seleksi sebelum diseduh menjadi kopi yang kamu minum hari ini.

Bahkan setelah hasil roasting, biji kopi masih belum dikatakan good coffee. Biji kopi setelah di-roast akan diuji aroma, rasa, dan sebagainya.

Universal Sensory Language
Butuh pengujian rasa yang diakui secara umum, agar memudahkan saat kopi berkenalan di pasar. Apakah kopi tersebut memiliki tingkat acidity yang rendah, atau malahan tidak ada sama sekali. The Coffee Tasters Flavor Wheel memudahkan pengujian rasa pada kopi. Flavor Wheel yang diterbitkan oleh SCAA ini telah diakui di dunia kopi, hampir semua industri kopi menggunakan rujukan Flavor Wheel SCAA.

Dengan bahasa rasa yang disepakati, pastinya akan membuat kopi lebih mudah lagi untuk menjadi terkenal di pasar. Misalkan saja, kopi dari Mamasa Sulawesi yang hadirkan rasa rempah dan kacang-kacangan. Sudah dikenal di dunia kopi internasional, inilah salah satu pentingnya Universal Sensory Language.

flavor wheel - SCAA
Credit: SCAA

Kebanyakan orang untuk pertama kalinya, menikmati kopi hanya kenal dengan rasa pahitnya. Padahal karakter rasa dari kopi itu sangat kompleks, namun bukan berarti orang tidak dapat merasai kopi. Melatih mencecap rasa dengan melihat Flavor Wheel sangat mungkin, hanya lebih sering minum kopi, lagi dan lagi, indra perasa akan peka.

Taste Some Coffee. Untuk mereka yang merasakan kopi dengan seksama, baik itu professional cupping atau ingin belajar, flavor wheel dapat digunakan untuk segala kalangan. Persiapkan kopi yang ingin dites, dan segala halnya. Setelahnya cobalah slurp kopi tersebut, paling memudahkan jika sampel kopi yang dites lebih dari satu, agar terlihat jelas perbedaan rasanya.

Start at The Center. Untuk memudahkan membaca flavor wheel, klasifikasikan rasa dari yang umum, rasa buah, rasa herbal, dan sebagainya. Sudah ditentukan karakter rasa yang umum, mulailah dari tengah kemudian coba evaluasi ke klasifikasi rasa yang lebih spesifik,

Read the Lexicon. Flavor wheel ini dibuat berdasarkan World Coffee Research Sensory Lexicon, sehingga memudahkan untuk mereka yang ingin mempelajari karakter rasa dari kopi. Dengan desain dan atribut warna, sesuai untuk dijadikan referensi rasa.

Check Out Some References. Untuk lebih melatih lagi indra pencecap, bisa juga mencari langsung buah aslinya seperti fruity rasa pear, lemon, dll. Melatih ingatan untuk familiar terhadap tiap karakter rasa.

Start at The Center Again. Latih secara konsisten, jangan enggan untuk mengulang, jika ragu pada rasa yang spesifik. Evaluasi lagi mulai dari tengah flavor wheel, sampai menemukan rasa yang pasti dari si kopi. Jika sudah akrab, selanjutnya beberapa orang bisa fokus hanya mencari acidity, sweet, purity, mouthfeel, flavor, balance, atau tingkat aftertaste dari si kopi.

Tiap orang bisa merasakan karakter rasa kopi, hanya saja perlu melatih diri. Tidak ada yang terlahir dengan bakat pencecap yang sensitif, semua itu karena latihan.

src: perfectdailygrind.com scae.com,
scanews.coffee img: Joel Smedley
flavor wheel - SCAA

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.