SEPERAPA PENTING DOUBLE HANDSHORTING DILAKUKAN?

Industri kopi spesialti, memang seharusnya memperlakukan kopinya secara lebih teliti dan istimewa sebelum sampai ke penikmatnya. Salah satu perlakuan itu adalah handshorting atau penyeleksian secara manual.

TAK banyak yang tahu bahwa kopi benar-benar dipilih secara istimewa dan teliti dengan cara manual. Tak  hanya perihal memetik ceri matang saja, tetapi juga memilih tiap biji hijau sesaat sebelum disangrai. Biji-biji hijau pascapanen tidak semuanya sempurna dan banyak yang terbentur kecacatan juga.

Misalnya, bijinya tidak utuh karena proses pengelupasan pascapanen, atau terdapat defect akibat hama dan bentuknya yang tidak seragam karena proses yang terjadi di pohon. Untuk itulah seleksi manual yang menggunakan tangan manusia diperlukan di industri kopi spesialti. Dan hal ini menjadi lapangan pekerjaan tersendiri untuk banyak orang.

Awalnya saya kira handshorting hanya dilakukan satu kali saja sebelum kopi-kopi tersebut disangrai. Habis perkara. Ternyata saya keliru sekali. Beberapa roastery di Indonesia ternyata memberlakukan double hand shorting atau penyeleksian biji kopi manual secara dua kali. Ya, dua kali yaitu pada saat sebelum disangrai dan sesaat setelah disangrai. Wow!

Double handshorting dibutuhkan agar human error pada saat hand shorting pertama sebelum sangrai bisa diminimalisir. Ditambah lagi pada proses sangrai biji kopi tentu melalui proses yang hasilnya belum tentu sempurna. Ada banyak yang hal yang bisa terjadi antara lain rusaknya biji tersebut dengan kondisi fisik yang tidak utuh, terlalu gosong, kematangan tidak merata dan banyak lagi,” ujar salah satu roaster yang memang melakukan double handshorting demi menjaga kualitasnya kopi-kopinya.

Double hand shorting dinilai sebagai proses penting yang mengurangi error para pelaku kopi yang ingin mendapatkan hasil terbaik bagi kopinya. Lalu apakah semua produsen kopi melakukan double hand horting? Sayangnya tidak. Perusahaan kopi skala industri biasanya tidak melakukan double hand shorting mengingat besarnya jumlah kopi yang mereka produksi. Tapi bukan berarti ke depannya mereka juga melakukan cara yang sama untuk hasil yang lebih baik bukan?

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment
  1. Terimakasih untuk SEPERAPA PENTING DOUBLE HANDSHORTING DILAKUKAN? sangat membantu sekali dalam menambah wawasan dalam membuat masakan. jangan lupa kunjungi resep kami juga punya banyak varian Resep kekinian dan tradisional bahkan moderen

Leave a Reply

Your email address will not be published.