SEPERTI APA EFEK SAJIAN KOPI DIMINUM KETIKA RAPAT

Sedang merencanakan rapat bersama relasi atau menginginkan diskusi berjalan lancar, maka sajikan kopi.

BANYAK literasi tentang manfaat kopi untuk seseorang, dari mulai manfaat kesehatan hingga pemanfaatan kopi sebagai relaksasi. Bahkan untuk penikmat kopi meneguk sajian kopi setiap hari merupakan kebutuhan harian, alasannya tanpa kopi hari akan begitu membosankan. Memang bukan rahasia lagi, bahwa sajian kopi memiliki banyak manfaat terhadap seseorang, lalu apakah sajian kopi memberikan perbedaan jika disajikan pada banyak orang di sesi rapat kerja atau agenda diskusi lainnya. Faktanya, sajian kopi ternyata memberikan efek yang sangat baik untuk agenda diskusi, menjadikan peserta diskusi semakin fokus pada isu bahasan yang didiskusikan.

Selama ini penelitian tentang kopi banyak menyinggung efek kopi untuk individual, kali ini sebuah penelitian dilakukan untuk mempelajari situasi grup diskusi ketika disajikan sajian kopi untuk diminum sesaat sebelum diskusi dan ketika diskusi. Eksplorasi pengaruh sajian kopi terhadap seseorang yang terlibat dalam aktifitas grup diskusi ternyata berpengaruh positif. Seseorang yang minum kopi dan terlibat dalam grup diskusi akan meningkatkan kewaspadaannya kemudian terlibat aktif dalam bahasan grup. Hal ini tentu sangat membantu meningkatkan produktifitas grup diskusi, bahkan beberapa orang yang kurang nyaman berada di dalam sebuah grup diskusi secara aktif bisa ikut serta.

credit: freepik.com

Penelitian ini dilakukan oleh Amit Singh seorang mahasiswa pascasarjana di Universitas Ohio, melakukan dua percobaan melibatkan sekitar 70 mahasiswa di sebuah universitas ternama di Midwestern, Amerika Serikat. Dalam percobaan pertama melibatkan grup – grup kecil, sekitar 30 menit sebelum memulai diskusi grup masing-masing minum kopi bersama. Selanjutnya, para peserta diskusi yang minum kopi mengakui bahwa kinerja grup diskusi lebih produktif, dibandingkan tanpa minum kopi.

Kemudian percobaan kedua dilakukan untuk melihat, bagaimana pengaruh kopi yang mengandung kafein dengan kopi yang tidak mengandung kafein. Sama dengan percobaan pertama yang melibatkan banyak grup-grup kecil, sebelum diskusi berlangsung peserta diberikan kopi dan kopi decaf. Rekam audio tentang prilaku peserta diskusi menyimpulkan bahwa tingkat fokus dalam diskusi grup lebih positif, dan kopi decaf untuk beberapa peserta membuat nyaman peserta diskusi tapi tidak terlalu memberikan perubahan signifikan untuk prilaku diskusi.

credit: unsplash.com

Nah, jika ingin jalannya diskusi menjadi lancar dan semakin produktif membahas isu yang harus didiskusikan, menurut penelitian ini sangat baik meneguk sajian kopi bersama. Maka tidak heran jika banyak diskusi terjadi di kedai kopi, bahkan beberapa orang lebih memilih mengajak relasi bisnis mereka ke kedai kopi untuk obrolan bisnis. Malahan, tidak sedikit grup-grup diskusi menghasilkan ide kerja yang kreatif karena diskusi berlangsung di kedai kopi dibandingkan diskusi-diskusi yang berlangsung di tempat lain.

sumber
ucdavis.edu Coffee brews better group performance uc davis study finds
pixabay.com

1 Comment
  1. halo, otten coffee apakah ada rencana untuk membuat artikel yang membahas “tanaman kopi di indonesia, adakah yang sudah dimodifikasi secara genetik?” melihat trend kopi dan penikmatnya yang meningkat dan juga pecinta pangan sehat non gmo yang juga semakin meningkat

Leave a Reply

Your email address will not be published.