SEPERTI APA SEDUH KOPI DENGAN PASIR PANAS

Seduh kopi pada umumnya menggunakan alat kopi, sedangkan air seduhannya dari kettle yang dipanaskan dengan kompor induksi atau pun kompor gas.

SEDUH kopi menggunakan pasir yang dipanaskan ternyata merupakan metode sajian kopi tradisional asal Turki, bahkan hingga sekarang di beberapa tempat sudut kota di Turki menyeduh kopi lebih menarik dengan metode tradisional ini. Saya jadi teringat metode sajian kopi yang pernah tren di Indonesia, secangkir kopi disajikan dengan arang panas, sensasi ketika arang panas menyentuh kopi, hal ini sangat menyenangkan. Sensasi takjub yang sama ketika mendengar seduhan kopi menggunakan pasir panas, penasaran bagaimana pastinya proses seduh kopi dengan pasir, apakah alat kopinya terbuat dari pasir atau pasirnya sebagai media untuk memasak air panasnya.

Sekilas, umumnya sajian kopi Turki dibuat dengan memasukkan bubuk kopi ke dalam coffee pot kecil (cezve) kemudian dipanaskan bersamaan air seduhan di kompor. Bubuk kopi akan dimasak bersamaan air yang dimasukkan ke dalam coffee pot hingga bergelembung, maknanya sajian kopi Turki siap untuk dinikmati. Tidak hanya menggunakan pasir sebagai media masaknya, beberapa orang juga mengagumi sajian kopi Turki yang dimasak langsung di sekitaran api unggun ketika berkemah, kedengarannya sangat menarik meneguk kopi Turki di alam bebas. Lalu seperti apa pastinya, menyeduh kopi Turki dengan menggunakan pasir.

Pasir yang digunakan tentunya dalam keadaan steril, dimasukkan ke dalam wajan yang agak dalam agar mampu menampung pasir cukup untuk proses seduh kopi Turki. Bubuk kopi yang digiling halus kemudian dimasukkan ke dalam coffee pot kecil, serupa gilingan halus untuk membuat sajian espresso. Bubuk kopi halus ini akan dituangkan air hangat dengan kisaran suhu 75°C, setelahnya beberapa orang gemar menambahkan kapulaga dan yang paling umum sedikit gula. Mencelupkan bagian dasar coffee pot ke dalam pasir panas, semakin dalam biasanya pasir akan memiliki suhu yang lebih panas untuk mendidihkan sajian kopi. Para penyeduh kopi Turki dengan metode ini, harus piawai mencari titik panas yang cukup pada tumpukan pasir, ketika mendidih maka sajian kopi Turki siap untuk dinikmati.

credit: sprudge

Sajian tradisional kopi Turki tumbuh dan berkembang dengan sejarah yang begitu melekat pada sajian kopi ini. Sangat menarik membayangkan bagaimana sajian kopi Turki dengan pasir ini pada zaman dahulu, ketika ritual minum kopi Turki sebagai jamuan khusus untuk tamu atau pun sajian utama ketika dilangsungkan pertemuan penting masa itu. Zaman bergulir, namun sejarah yang melekat masih terasa di tiap teguk sajian kopi tradisional satu ini. Merindukan sajian kopi Turki atau pun ingin mencobanya di rumah, kini banyak alternatif untuk menyeduh kopi tradisional asal Turki ini. Dengan Electric Turkish Coffee Pot atau mencobanya langsung menggunakan Copper Turkish Coffee Pot.

Tiap sajian kopi tradisional yang berkembang, tentu memiliki kisah yang nikmat untuk diteguk. Selamat menikmati sajian kopi favorit kamu hari ini.

sumber:
jialecoffee.com what is turkish sand coffee
videoblocks thumbnail turkish coffee

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.