Asia Cafe & Travel International

SEPOTONG DAMAI DI RITARU COFFEE

DSCF0601

Terkadang pertemuan dengan sebuah kedai kopi tak bisa terjadi tiba-tiba. Seperti Ritaru Coffee yang kami temukan tanpa rencana di sebuah siang yang diberkati di Hokkaido Jepang.
Menemukan kebahagiaan di Ritaru Coffee

Menemukan kebahagiaan di Ritaru Coffee

HOKKAIDO di awal Februari memang masih dipenuhi salju. Di mana-mana sejauh mata memandang, yang saya temukan adalah gundukan salju yang menghiasi jalan dan gang serta rumah-rumah di sekitarnya. Pemandangan ini entah kenapa terlihat begitu manis dan membuat bahagia. Mungkin karena saya berasal dari negara tropis yang tak pernah disinggahi salju. Segala tentang salju dan kota yang dingin terasa begitu romantis bukan kepalang.
Eksterior Ritaru Coffee

Eksterior Ritaru Coffee

Bicara soal cuaca dingin dan salju tentulah tak bisa terlepas dari minuman nikmat yang menghangatkan tubuh. Siang itu saya dan beberapa teman memutuskan berjalan-jalan menyusuri kota. Maklum perut sudah kenyang dan agar lemak tak tertimbun di tubuh sudah sebaiknya melakukan gerakan dengan berjalan-jalan. Tak lama berjalan mata saya tertegun oleh sebuah gedung cantik yang berada di sudut jalan. Gedung ini begitu menarik perhatian dengan desain minimalis dan jendela kaca yang besar. Kami pun mendekat dan betapa senangnya ketika mata membaca papan nama: Ritaru Coffee.
What a beautiful mess!

What a beautiful mess!

Kebetulan yang sungguh tak terduga. Tak ada niat sebelumnya untuk mampir ke kedai kopi meskipun memang ini adalah jamnya coffee after lunch. Tanpa pikir panjang kami pun sepakat untuk merebahkan diri dan mencari secangkir kehangatan di sini. Saat memasuki ruangan coffee shop yang terdiri dari dua lantai ini aroma kopi langsung menyerbu begitu dahsyat. Oh ternyata lantai satu dari Ritaru Coffee berfungsi sebagai roasting area, tempat penjualan coffee beans dan juga ruang seduh. Mata saya langsung saja menangkap sebuah mesin sangrai Fuji Royal 3 Kg yang mungkin sudah bekerja keras melahirkan kopi-kopi enak.
Mesin sangrai yang gagah

Mesin sangrai yang gagah

Tak hanya itu di lantai satu ini juga banyak sekali dipajang aneka single origin yang bisa dibawa pulang untuk minum kopi di rumah. Kemasan kopinya terbagi atas kemasan 100 gram dan 200 gram. Jika tak punya alat giling kopi, Ritaru Coffee juga dengan senang hati menggilingkan kopi untuk kamu. Wah lengkap juga kedai kopi ini ya. Segalanya ada jadi penasaran bagaimana nikmat kopi yang disajikan mereka sebenarnya.
Aneka coffee beans yang menggoda

Aneka coffee beans yang menggoda

Saya memelajari menu kopi dan snacks yang ada di hadapan. Ada banyak sekali biji kopi di sini mulai dari Honduras, Kilimanjaro, Gualtemala, Brazi, Colombia sampai Mandheling dan Toraja. Juga ada pilihan coffee blend seperti coffee blend Valentine Edition yang dinamai “Smile”. Saya pun mendadak bingung karena terlalu banyak pilihan yang disajikan sementara kebutuhan ngopi sudah mendesak ke ubun-ubun. Setelah bersemedi sejenak akhirnya saya memilih single origin Honduras dan teman say memilih Maruyama Blend. Alasan memilih jenis kopi ini sebenarnya karena faktor penasaran dan juga karena tahu roasting profile-nya adalah light roast. Terdengar menggoda untuk saya yang tidak menyukai kopi yang pahit.
Buku menu Ritaru Coffee

Buku menu Ritaru Coffee

Menyeduh kebahagiaan

Menyeduh kebahagiaan

Saat kopi diseduh saya yang ingin tahu segalanya sengaja berdiri di dekat brewing bar. Memastikan bagaimana sebenarnya mereka menyeduh kopi yang akan saya nikmati. Oh ternyata gaya seduh V60-nya sama seperti pada umumnya. Yang membedakan hanyalah mereka menggunakan air panas yang dimasak secara tradisional di atas kompor. Jadi tidak menggunakan gooseneck kettle with temperature yang sedang tren sekarang. Setelah air panas dimasak, lalu dipindahkan ke dalam gooseneck kettle yang kalau tidak salah brand-nya Kinto.
Single origin Honduras mengepul sempurna di dalam cangkir

Single origin Honduras mengepul sempurna di dalam cangkir

Setelah menunggu dengan kesabaran akhirnya siap juga kopi disajikan. Wah penyajiannya menggunakan ceramic coffee cup yang cantik. Saya sangat suka menggenggam cangkir kopi dan menyesapnya berlama-lama. Udara di luar yang dingin pun serasa luruh dalam genggaman. Single origin Honduras pilihan saya ternyata adalah pilihan tepat dengan notes fruity and sweetness yang seimbang. Sedangkan menurut teman saya Maruyama Blend-nya tidak mengecewakan hanya saja tidak seluar biasa single origin Honduras yang saya pilih. Hi-hi-hi.
Satu meja penuh kebahagiaan

Satu meja penuh kebahagiaan

Ngopi-ngopi begini memang terasa kurang jika tak ditemani camilan. Akhirnya kami pun dengan hati berbahagia memesan cheese cake dan Ritaru Crepes. Ritaru Crepes itu seperti Hokkaido Mille Crepes yang sudah sangat tersohor. Nikmatnya jangan ditanyakan lagi karena teksur dan rasanya ‘menikah’ sempurna dalam tiap kunyahan. Membuat saya pengin nambah padahal perut sudah tak sanggup lagi. Sedangkan cheese cake-nya pun ternyata enak juga padahal awalnya saya tak berekspektasi apa-apa.
Ritaru Crepes yang tersohor!

Ritaru Crepes yang tersohor!

Di luar masih dingin dan salju turun satu-satu. Saya dan teman-teman yang memilih duduk di lantai dua dekat jendela pun menikmati lukisan yang disajikan alam ini dengan perasaan haru. Bayangkanlah segala keindahan yang sudah ada ini dilengkapi dengan kopi enak dan percakapan hangat. Tak ada lagi yang saya inginkan selain berlama-lama menikmati segala yang ada. Ah sepertinya bukan saya saja yang merasakan ini, beberapa orang yang nongkrong di Ritaru Coffee ini juga sepertinya merasakan yang sama.
Mereka yang berbagi kebahagiaan dengan kami siang itu

Mereka yang berbagi kebahagiaan dengan kami siang itu

Mungkin kami memang ditakdirkan untuk bertemu Ritaru Coffee secara kebetulan agar mendapatkan suasana yang tak terlupakan seperti ini. Kopi nikmat, pemandangan dahsyat, musik klasik mengalun dan segalanya yang lebur jadi satu adalah sesederhananya kebahagiaan. Ah, terima kasih Ritaru Coffee untuk siang yang indah ini.
Ritaru coffee
Japan, 〒064-0823 Hokkaidō, Sapporo-shi, Chūō-ku,
Kita 3 Jōnishi, 26 Chome−3−3−8, N2ビル1F
Open: 10:00 ~ 21:30
PAKET CAFE

7,303 total views, 1 views today

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply