SESUAIKAH SAJIAN KOPI UNTUK MENU KOPI CAFE KAMU, SIMAK TIPSNYA

Menentukan sajian kopi untuk menjadi menu andalan di kedai kopi bukanlah perkara mudah, tentunya banyak sekali pertimbangan sebelum sajian kopi masu ke daftar menu kedai kopi dan kemudian di pesan oleh para pengunjung yang hadir.

APAKAH itu sajian iced coffee atau manual brew dengan ragam metode seduh, semuanya butuh pendekatan sebelum benar-benar masuk ke daftar menu kedai kopi kita. Ragam sajian kopi memiliki karakter rasa yang khas, dan ini juga menjadi pertimbangan, seperti apa karakter rasa yang sesuai untuk para pengunjung yang datang. Kedai kopi yang terletak di daerah yang dingin, mungkin akan lebih sesuai dengan sajian manual brew dengan banyak koleksi single origin dari seluruh nusantara. Dan kedai kopi yang terletak di daerah tropis tentunya akan lebih menarik dengan menyediakan sajian kopi berbasis iced coffee atau pun cold brew. Namun, bagaimana pun juga kitalah sebagai pemilik kedai kopi yang menentukannya apakah sajian kopi tersebut sesuai untuk kedai kopi kita.

Mungkin tips ini dapat membantu sedikit, untuk kita agar lebih memudahkan ketika memilih sajian kopi seperti apa yang sesuai untuk kedai kopi yang sedang kita kelola.

  • KLASIFIKASI SAJIAN KOPI

Untuk memudahkan kita sebelum menentukan sajian kopi seperti apa yang akan masuk ke daftar menu dan kemudian menjualnya, mulailah mencari referensi dari mana saja berkaitan sajian kopi yang akan kita jual di kedai kopi. Mungkin dengan berkunjung ke banyak kedai kopi dapat memberikan ide sajian kopi, dan kemudian agar mudah lebih baik digolongkan sajian kopi tersebut masuk ke kelompok minuman apa.

Paling mendasar mengklasifikasiannya berdasarkan apakah sajian termasuk sajian kopi, espresso base, dan sebagainya. Jika merencanakan ingin menyajikan kopi manual brew berarti kita harus mulai berpikir sajian manual brew seperti apa yang sesuai apakah V60, atau French Press dan lainnya. Jika ingin menyajikan macchiato, cappuccino, atau latte sudah seharusnya kita memilih antara mesin espresso atau espresso maker untuk melengkapi sajian kopi espresso base. Namun demikian, tidak ada salahnya juga menyediakan sajian minuman yang bukan dari kopi seperti hot chocolate, green tea dan lainnya untuk yang belum bisa menikmati minuman kopi.

credit: qz.com
  • PERMINTAAN PASAR AKAN SAJIAN KOPI

Sebagai pemilik kedai kopi sudah seharusnya peka terhadap tren kopi yang sedang berkembang di daerah tersebut. Pasti akan berbeda sajian kopi kedai kopi di pinggiran kota dengan sajian kopi di kedai pusat kota, maka permintaan pasar harus dipelajari hingga kita dapat membaca situasi pasar yang menginginkan sajian kopi. Namun, ada baiknya sajian kopi yang kita sajikan sesuai dengan konsep kedai kopi yang kita kelola, tren menjadi acuan tapi harus sesuai dengan konsep kedai kopi.

  • CIRI KHAS SAJIAN KOPI

Tentunya harapan banyak pemilik kedai kopi bahwa apa yang mereka kelola dikenal banyak orang, lalu bagaimana caranya? Dengan menentukan sajian kopi yang menjadi andalan di kedai kopi kita bukan tidak mungkin dari sajian kopi menjadi dikenal banyak orang. Walaupun kedai kopi kita menyediakan banyak sajian kopi, tapi pastinya ada satu sajian yang menjadi ciri khas maka sajian kopi itulah yang harus diperhatikan. Apakah ciri khas ini dibentuk dari awal atau terbentuk sendirinya dari permintaan pengunjung, maka fokuskan pada sajian kopi yang menjadi andalan.

credit: shutterstock

  • PENYAJIAN MINUMAN KOPI

Seperti apa minuman kopi yang akan kita sajikan ke pengunjung merupakan salah satu bentuk meningkatkan daya tarik orang yang ingin menikmati cira rasa kopi kita. Apakah disajikan di gelas yang unik atau bergaya klasik, lalu bagaimana warna gelas untuk menyajikan sajian kopi kita, hal demikian ini dapat memanjakan mata pengunjung. Dan tidak hanya itu, dari penyajian minuman kopi kita dapat memperkenalkan kedai kopi kita seperti apa ke pengunjung, sebabnya harus memilih fokus penyajian antara warna, ukuran, dan gaya apakah sesuai dengan elemen kedai kopi yang kita terapkan.

  • HARGA SAJIAN KOPI

Menentukan harga untuk sajian kopi terbilang hal yang sensitif, dan ini merupakan kebijakan dari pemilik kedai kopi. Namun ada baiknya, sebelum menentukan harga untuk sajian kopi kita, ketahuilah berapa harga untuk sajian kopi yang sejenis di kedai kopi lain. Perhitungkan semua bahan produksi, dan tentukan harga sajian kopi kita berada di bagian mana di antara pesaing yang ada.

credit: pinterest
  • MENJADI SEDIKIT BERBEDA

Pertanyaannya adalah, apa yang membuat pengunjung harus datang di kedai kopi kita? Dari pertanyaan ini, maka kita mengetahui apa yang menjadi perbedaan kedai kopi kita dengan yang lainnya, apakah dari suasana kedai kopi atau sajian kopi yang nikmat, atau kemasan yang unik. Tanyalah pengunjung yang sering datang untuk menikmati kopi di kedai kopi kita, apa yang membuatnya ingin datang kembali, pasti akan mendapati ragam jawaban. Namun, fokuslah pada hal yang dapat mengembangkan kedai kopi kita yang menjadi sebuah perbedaan di antara kedai kopi lainnya.

Banyak pemilik kedai kopi terlalu fokus untuk memanjakan mata pengunjung dengan memperindah interior dan eksterior kedai kopi mereka, bukan hal yang salah, namun jangan melupakan menu kopi yang akan disajikan ke pengunjung. Sudah pasti orang yang datang ingin menikmati sajian minuman dari kedai kopi kita, senyaman apa pun kedai kopi jika menu sajian minuman yang ditawarkan tidak memiliki daya tarik, bisa dipastikan pengunjung tidak datang kembali. Menentukan menu sajian kopi juga hal penting untuk memulai bisnis kedai kopi.

src: dreamalatte.com img: hitsa.com.au

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.