SEU COFFEE AND TEA STAND DA NANG VIET NAM

Beberapa tahun lalu, Seu Coffee Stand adalah sebuah toko reparasi kipas angin yang dioperasikan seorang bapak paruh baya. Kini, secara ajaib menjadi tempat minum kopi dan teh yang nikmat rasanya.

KEMBALI ke Da Nang Viet Nam berarti harus siap-siap dikejutkan oleh beberapa perubahan. Selain menjamurnya kedai kopi spesialti di sana-sini, ada sebuah coffee stand yang berada di luar gang tempat tinggal seorang teman yang dulunya adalah tempat reparasi kipas angin. Tak pernah saya bayangkan sebelumnya toko bobrok begitu menjadi tempat ngopi dan ngeteh yang seru. Di negara berkembang segalanya cepat berubah. Dan itulah kenapa saya senang menjelajah ke negeri yang seperti itu.

Di Da Nang saya selalu tinggal di rumah seorang teman. Rumahnya tak jauh dari Han Rivers dan dekat kemana-mana. Saat keluar dari gang rumahnya saya dihadapkan oleh dua pilihan ngopi langsung: Seu Coffee Stand. dan kedai kopi tradisional Viet Nam. Tentu kali ini saya ingin ngopi di Seu. Gerainya kecil sekali dan itu merangkap bar, meja dan tempat barista beraksi. Mesin kopi Breville one boiler beserta alat seduh manual berjejer rapi.

Di rak bagian dalam aneka tea pot dan alat seduh teh dipajang dengan anggunnya. Saya pun duduk di bagian depan bar yang dindingnya digambari mural warna-warni yang mencolok. Artsy yet interesting sekali! Saat saya duduk saya langsung diberi cold brew tea yang segar sekali. Saya lupa itu teh apa tapi tak pernah saya cicip cold brew tea seperti ini sebelumnya.

Awalnya saya ingin ngopi eh lama-lama niat kopi tersingkir karena mungkin saya bisa ngopi di kedai kopi lain sedang ngeteh di Viet Nam rasanya mungkin tak bisa seseru di sini. Saat owner-nya menawarkan teh, saya langsung setuju. Sejumput White Tea ditimbang dan diseduh hati-hati. Seduhan pertama terasa rumput laut yang kentara. Seduhan kedua terasa lebih fruity dan manis. Kalau dipikir-pikir teh bisa unik juga. Mirip kopi tapi sensasinya tak sama.

Seu Coffee Stand ini bukan hanya menyajikan kopi spesialti, tapi juga teh spesialti yang hanya menggunakan teh kualitas terbaik. Ya kalau di kopi mungkin namanya single origin kelas kakap kira-kira. Sambil ngeteh saya mendengar begitu banyak kisah perihal teh di Viet Nam. Dan bagaimana banyaknya teh asal Tiongkok yang beberapa di antaranya justru berasal dari Viet Nam.

Selain White Tea saya juga disuguhkan Green Tea yang aduhai juga rasanya. Dan gara-gara kebanyakan ngeteh saya jadi lupa ngopi. “It’s okay, you can get coffee in another places in Da Nang. But not easy to fine specialty tea here,” kata sang owner. Baiklah saya pikir. Lagian kopi dan teh umumnya beriringan dan mencintai kopi sepaket dengan serunya membuat saya bisa menghargai teh dengan sama besar.

Siang itu berakhir seru dan semua teh yang saya minum gratis karena katanya dia ingin menjamu tamu jauh!

Seu Coffee Stand

259a Nguyễn Chí Thanh, Phước Ninh, Hải Châu,

Đà Nẵng 550000, Vietnam

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment
  1. Halo, maaf akalau komentarnya tidak nyambung. Saya menanyakan perihal Paket Buka, Cafe apakah yang di fasilitasi Otten hanya peralatan kopi saja atau menyediakan meja cafe dan kursi barnya juga ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.