SIAPA PENEMU PAPER FILTER?

Di dunia coffee specialty industry kita kerap menggunakan paper filter (kertas penyaring) dalam metode seduh kopi manual. Tapi tahukah kamu siapa yang pertama kali menemukan paper filter?

Perkembangan dunia kopi tak pernah berhenti dari ratusan tahun lalu hingga saat ini. Cara seduh, tren serta kemunculan alat-alat kopi sepertinya terus berlangsung seiring dengan kebutuhan peminum kopi yang makin hari semakin kompleks. Untuk para penikmat kopi dengan metode seduh pour over sendiri alat-alat seduhnya kerap bermunculan. Tak hanya alat seduh, kertas saring yang kerap digunakan juga ternyata mengalami evolusi dari dulu hingga sekarang. Tanpa paper filter mungkin kopi yang dihasilkan pour over takkan pernah senikmat sekarang. Tapi siapakah yang pertama kali yang dengan jeniusnya menemukan paper filter?

Melitta Bentz, Penemu Paper Filter Pertama
Melitta Bentz, Penemu Paper Filter Pertama

Adalah Mellita Bentz, seorang ibu rumah tangga berusia 35 tahun asal Dresden Jerman yang ternyata pertama kali menciptakan penyaring kopi. Pada 1908 Melitta Bentz menciptakan sebuah penyaring yang kemudian dia patenkan dengan nama “Filter Top Device” lalu dikenal menjadi “Paper Filter”. Patennya disahkan pada 8 Juli di Berlin. Berkat penemuannya itu, dia juga mendirikan perusahaannya dengan nama yang sama di tahun yang sama.

Perjalanan Melitta dengan penyaring kopinya belum selesai. Pada 1930 Melitta merevisi penyaring kopinya dengan bentuk yang meruncing dan kerucut serta menambahkan beberapa sudut. Hal ini akan menciptakan area filtrasi yang lebih besar dan memungkinkan untuk meningkatkan ekstraksi dari bubuk kopi. Pada 1936, paper filter yang berbentuk kerucut yang muat ke dalam penyaring runcing di atasnya diperkenalkan. Dan filter yang dilabeli 102 ini menjadi filter yang paling popular pada masa itu.

Melitta Paper Filter
Melitta Paper Filter

Tak hanya sampai di situ, Melitta terus mengembangkan teknik baru untuk memperbaiki bentuk dan performa paper filternya. Dia juga merevisi material dan proses produksi sistem filter paper-nya. Pada 1989 coffee filter berwarna natural brown yang dibuat dari unbleached pulp mulai diperkenalkan. Sebuah produk pertama tanpa pemutih yang tak diinginkan lingkungan. Pada 1992 menanggapi popularitas paper filter putih, Melitta mengembangan prosesn pemutihan dengan oksigen untuk menghasilkan kertas putih tanpa klorin.

Melitta tak hanya menciptakan penyaring kopi, tetapi banyak alat kopi lainnya.
Melitta tak hanya menciptakan penyaring kopi, tetapi banyak alat kopi lainnya.

Hingga saat ini Melitta terus berkambang. Melitta Bentz berkantor pusat di Clearwater, Florida, Amerika Serikat. Sedangkan kantor utama Melitta Group tetaplah berada di Minden, Jerman. Melitta USA bertanggung jawab untuk urusan penjualan dan pemasaran filter kopi, kopi dan sistem non-coffee. Paper filter Melitta dibuat di Clearwater Florida dan juga mereka kini memiliki coffee roasting company yang beroperasi di beberapa lokasi di Chery Hill, New Jersey, Amerika Serikat. Melitta USA kini telah melakukan penyangraian kopi di Cherry Hill lebih dari 40 tahun. Meski begitu, Melitta Bentz tetaplah pioneer yang dengan jenius menemukan penyaring kopi yang awalnya hanya untuk menghilangkan pahit pada kopi yang dia nikmati sendiri.

 

 

Foto dari sibodialacoffee.com dan wikipedia

cari-kopi

 

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.