SIAPA SOSOK DIBALIK ALAT KOPI CHEMEX

Coffeemaker sudah pasti dapat menyajikan sajian kopi yang nikmat, namun tidak semua coffeemaker dapat mencuri perhatian, namun demikian coffee makes everything better.

UNTUK pertama kalinya masuk ke coffee shop, apa yang membuat kamu teralihkan dan tanpa sadar fokus memperhatikannya. Seakan kamu ingin berkenalan lebih dekat lagi dengan apa yang kamu lihat. Interiornya, aroma kopinya, apa yang sebenarnya mencuri perhatian kamu? Oh, i see, yang ada di atas bar, bukan baristanya tapi alat-alat kopi yang berjajar rapi.

Alat-alat kopi memang selalu berhasil mencuri perhatian para pengunjung coffee shop. Hario V60 dengan desainnya yang elegan, Espresso Machine yang tampak keren, Chemex dengan . . . , mengapa terlalu sulit menggambarkan keindahan dari Chemex. Apa yang membuatnya begitu indah, siapa yang menciptakannya? Baiklah, mari kita ngopi dulu sejenak dengan alat kopi yang indah ini.

credit: chemexcoffeemaker
credit: chemexcoffeemaker

Chemex: dibalik estetika dan performa

Dr. Peter Schlumbohm, nama ini di kalangan pencipta kopi tidak terlalu asing. Lahir di German pada tahun 1896 seorang ilmuwan dan penemu yang terbilang eksentrik. Siapa yang mengira sebelum Schlumbohm menemukan Chemex Coffeemaker, ternyata banyak hal yang telah diciptakannya. Selama hidupnya telah banyak hak cipta yang Schlumbohm jual untuk banyak industri di Amerika pada masa itu. Di tahun 1931 untuk pertama kalinya berkunjung ke Amerika, adalah awal mula lahirnya Chemex Coffeemaker. Dengan desain yang tumbuh dan berkembang lebih pesat lagi setelah tahun 1939, ketika Schulumbohm memutuskan mendirikan perusahaan The Chemex Corporation.

Bersama The Chemex Corporation telah banyak yang diciptakannya, dengan menjual produk dan hak cipta pada industri yang ingin memproduksinya secara massal. Yang paling berkembang adalah Chemex Coffeemaker, pada masa itu Schulumbohm berhasil menjual Chemex Coffeemaker dengan banyak permintaan. Namun masalahnya, tidak ada industri yang ingin memproduksinya karena krisis perang dunia ke-2 dan sulitnya legalitas pada masa itu. Akhirnya, setelah mendapatkan legalitas produksi, Chemex Coffeemaker diproduksi massal.

Ternyata perjuangan Chemex Coffeemaker tidak berhenti sampai disitu, kepopulerannya masa itu malah mendatangkan masalah pada Schulumbohm. Lembaga pemerintah mencekal produk ciptaan Schulumbohm karena dianggap menggunakan material yang menyalahi aturan. Peter optimis produknya tidak menyalahi aturan dan terus berusaha mengembangkan Cheme Coffeemaker. Pada tahun 1942 secara resmi Chemex Coffeemaker mendapatkan kepercayaan publik, dengan ditandai masuknya Chemex Coffeemaker di buletin Museum of Modern Art sekaligus menyangkal penggunaan material yang menyalahi aturan. Masa jaya The Chemex Corporation sekitar tahun 1941 – 1962 dari banyaknya produk ciptaannya, 23 produknya mendapatkan penghargaan dan menjadi koleksi di Museum of Modern Art.

Chemex Kini;

Hampir semua coffee shop era third wave menggunakan Chemex sebagai alat seduh manual brewing mereka. Bukan karena Chemex memiliki keindahan dan bukan sekadar untuk dipajang di bar agar terlihat indah. Lebih dari itu, Chemex mampu menyeduh kopi dengan hasil profil rasa yang lebih kaya dan ragam.

src: moma.org collectorsweekly.com homegrounds.co img: chemexcoffeemaker.com

529 total views, 16 views today

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.