‘SIGNATURE’ YANG HARUS ADA DI KEDAI KOPI

Untuk menjadi kedai kopi yang berbeda, setiap owner harus memikirkan signature agar pengunjung kerap datang dan enggan lupa.

DI mana-mana kedai kopi kerap menjual hal yang sama: makanan, minuman, konsep dan pelayanan. Lalu bagaimana sebuah kedai kopi mampu bertahan dikerasnya persaingan bisnis yang semakin gencar ini? Signature!

Signature Drinks

Setiap kedai kopi pasti memiliki menu kopi yang kurang-lebih sama. Mulai dari ranah espresso dan turunannya hingga filter coffee dan seduh manual dan lain-lain. Tak hanya itu, menu non-coffee juga pasti mirip. Semisal taro latte, velvet latte, matcha latte dan lain-lain. Lalu jika semua kedai kopi memiliki menu kopi yang sama, apa yang membuat kedai kopimu berbeda dan menjadi alasan orang untuk ngopi di sana? Salah satu jawabannya adalah signature drinks. 

Untuk pebisnis kedai kopi pemula, kehadiran signature drinks sangatlah perlu. Kamu dan tim coffee bar-mu harus menciptakan sebuah menu minuman entah panas ataupun dingin yang benar-benar baru dan belum ada sebelumnya. At least belum ada di kotamu. Saya pernah menemukan signature drinks sebuah coffee shop yaitu cucumber latte yang rasanya unik dan ada juga yang wasabi latte yang meski aneh tapi membuat penasaran. Ya, paling tidak signature drinks kamu berbeda dan dibicarakan banyak orang. Sebuah langkah baik untuk membesarkan nama kedaimu.

Credit : incontinencelifestyle.com

Signature Food

Nasi goreng? Boring. Varian of pasta? Boring. Di mana-mana makanan dan camilan pada kedai kopi itu sama saja. Kalau di ranah indonesian food pastilah nasi goreng, mie goreng dan kawan-kawannya. Sedangkan di ranah western pasti pasta, steak dan lain-lain yang terasa begitu jamak. Belum lagi camilan dan pastry yang rasanya di manapun bisa ditemukan. Let’s create something different but delish! Lagi-lagi tujuannya adalah agar orang punya alasan kuat mampir ke kedai kopimu. Atau paling tidak dalam setiap menu makanan kamu yang memiliki banyak keunggulan. Mungkin dari segi rasa, porsi, persentasi hingga harga.

Signature ‘Rahasia’

Ada satu signature rahasia dan paling mujarab agar kedai kopimu kerap didatangi dan membuat nyaman: pelayanan. Tidak peduli seberapa enak minuman dan makananmu jika pelayanan yang kamu berikan suck, semua orang akan lari secepat kilat. Pelayanan maksimal dengan keramahan yang tulus dan helpful adalah signature paling alami yang membuat orang mampir dan enggan berpindah hati. Juga boleh sesekali memberikan compliment kecil untuk mereka yang sudah rutin datang dan jadi pelanggan setia.

 

 

906 total views, 2 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.