SINGGAH SEJENAK DI KURASU SINGAPORE

Yozo Otsuki owner dari Kurasu Kyoto yang mengawali geliat kopi dengan membuka  homeware store di Australia ini melebarkan sayap hingga ke Singapura.

KINI jika kamu ingin merasakan sensasi seru ngopi di Kurasu tak perlu jauh-jauh terbang berjam-jam ke Kyoto Jepang. Karena Singapura sebagai negara tetangga kita telah menjadi tempat tumbuhnya cabang Kurasu yang baru. Beruntung saya diberi kesempatan mampir ke Kurasu Singapura meski menemukannya tak semudah kelihatannya.

Siang itu saya mencari alamat Kurasu Singapura di Google Map dan seketika sadar bahwa kedai kopi ini berada di gedung perkantoran. Yup, Odeon Towers yang berlokasi di North Bridge Road ini dipilih Kurasu sebagai tempat di mana ritual ngopi dirayakan dengan bahagia.

Saya sendiri sempat berputar-putar untuk menemukan gedung yang dimaksud. Dan setelah sampai di gedung agak sedikit tersesat karena bingung mencari keberadaan Kurasu ini. Kedai kopi ini ternyata sangat kecil dengan desain minimalis, clean dan tidak banyak aksen di mana-mana. Benar-benar mengambil konsep seminimalis mungkin. Di tambah letaknya yang berada di gedung perkantoran Kurasu hampir memang mirip kantor dengan sentuhan kayu dan warna putih dimana-mana.

Saat saya datang hanya ada satu orang barista yang mengoperasikan kedai. Dialah jantung yang mendetakkan Kurasu Singapura hari itu. Dia melayani dengan sigap dan menyeduh dengan cekatan. Beberapa orang duduk di coffee bar sambil menanti kopi yang mereka pesan. Saya memesan single origin Nicaragua natural process yang dibandrol seharga $SGD 8. Untuk harga segitu kopinya cukup memuaskan dengan cupping notes promenade, brown sugar, jeruk dan rasa manis yang panjang. Saya suka!

Saat itu saya tidak sempat mencoba menu espresso base karena harus buru-buru melanjutkan meeting. Tapi saya melihat ada mesin kopi La Marzocco GS3 yang bersanding dengan automatic grinder Mythos One yang menjadi amunisi untuk mereka yang doyan kopi espresso dan turunannya. Mungkin lain kali saya coba menu kopi lebih banyak jika berkesempatan balik lagi.

Sebenarnya tujuan saya ke sini ingin membeli single origin mereka juga. Tapi sayang sekali biji kopi mereka benar-benar limited jadi tidak dijual untuk dibawa pulang. Agak kecewa tapi tidak apa-apa itu tandanya saya harus balik lagi ke sini kali, ya? Oh iya, menurut saya Kurasu Singapura lebih luas dari yang di Kyoto dengan kursi dan meja berjumlah lebih banyak.

Tapi meski begitu Kurasu Kyoto menjual biji kopi dan alat-alat kopi serta souvenir Kurasu lebih lengkap dan variatif. Saya melihat Kalita Wave Tsubame, aneka manual grinder, Kinto Kettle dan lain-lain yang dipajang untuk dijual di sini. Oh iya, di sini slow bar-nya menggunakan produk Kalita. Seperti kopi saya tadi juga diseduh dengan Kalita Tsubame Copper yang menurut saya seksi sekali.

Jika mampir ke Singapura, Kurasu wajib disinggahi. Supaya apa? Supaya pengalaman kopimu terasa lebih warna-warni.

Kurasu Singapura

331 North Bridge Road,

Odeon Towers #02-01, Singapore 188720

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.