SINGKIRKAN BAU APEK DENGAN KOPI!

Musim liburan tiba sepaket dengan keluarga yang datang berkunjung dan membuat rumah kita ramai tak seperti biasa.

DAN saat rumah sedang ramai-ramainya di Hari Natal dan Tahun Baru nanti, maka keadaan akan semakin tak terkendali. Belum lagi tetamu anak-anak dan balita yang sudah pasti membuat rumah jauh dari kata rapi. Minuman yang tumpah, makanan yang berceceran di karpet serta kamar mandi yang tak terkondisi aroamnya sudah pasti akan meninggalkan kesan menjengkelkan.

Tapi tenang, sebelum kamu beranjak ke swalayan untuk membeli pengharum dengan bahan kimia yang bisa merusak tubuh dan juga perabotan, serahkan saja segala bau yang muncul di rumah dengan kekuatan ampas kopi. Seperti diketahui bahwa kopi mampu menyerap aroma tidak menyenangkan jika diletakkan di tempat-tempat tertentu. Dan tentu ampas kopi hadir di dapur kita tanpa perlu mengeluarkan uang untuk membeli pengharum ruangan. Lalu bagaimana cara mengaplikasikannya?

  1. Untuk kamar mandi yang bau kamu cukup mengumpulkan ampas kopi pada satu wadah dan meletakkannya di sudut kamar mandi. Pastikan meletakkannya di daerah yang tidak terkena basah atau percikan. Aroma pesing dan ‘kurang enak’ secara otomatis akan terserap sempurna.
  2. Untuk karpet yang berbau karena debu dan apek, kamu cukup menaburkan ampas kopi yang sudah dikeringkan di seluruh karpet. Tunggu kurang lebih 3-5 jam atau tergantung dari jenis karpetnya. Setelah itu gunakan penyedot debu untuk membersihkan ampas sekalian dengan debunya juga. Jika tidak memiliki penyedot debu, kamu bisa menyapunya dengan sapu lidi dan mengibasnya di luar ruangan. Aroma karpetmu akan berubah lebih menyenangkan.
  3. Untuk aroma kulkas yang sangat bau akibat ikan dan jenis makanan lain, kamu bisa melakukan hal yang sama seperti poin pertama. Letakkan ampas kopi pada wadah dan masukkan ke dalam kulkas. Ganti ampas 3 hari sekali untuk hasil yang maksimal.
  4. Sedangkan untuk bau rokok dan makanan yang tertinggal di dalam mobil, kamu bisa menyiapkan wadah kontainer yang berlubang kecil dan meletakkan ampas kopi di dalamnya. Jika ingin aroma yang lebih tajam gunakan bubuk kopi yang belum digunakan.

Selamat mencoba dan selamat liburan!

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.