SORE YANG TEDUH DI MINUM KOPI MEDAN

Ada sebuah kedai kopi yang memikat di Kecamatan Johor, Medan, Sumatera Utara. Kedai kopi ini berdiri kokoh dengan slogan yang satu: sejahtera petani kopi!

INI kali kedua saya ke Minum Kopi atau orang-orang menyebutnya dengan MiKo. MiKo memiliki pesonanya sendiri. Kedai kopi ini tak berdinding. Lokasinya yang berada di dalam gang dan dibangun serupa ‘rumah panggung’ ini membuatnya unik.

Tak perlu pendingin ruangan, karena angin sepoi-sepoi menemani kita yang duduk ngopi di antara tanaman dan pepohonan. Minum Kopi ini sederhana, namun di balik kesederhanaanya saya menemukan tujuan yang mulia yaitu menyejahterakan petani kopi.

Minum Kopi yang kalau tidak salah di bawah Serikat Petani Indonesia (maaf kalau salah) ini memang hanya menggunakan biji kopi dari petani. Dibeli langsung dengan harga yang pantas dan dinikmati semua orang dengan harga yang tak mahal pula. Di sini semuanya disajikan manual. Bahkan jika kau pesan espresso atau cappuccino, maka minuman pesanmu lahir dari sebuah espresso maker Rok Presso tanggung yang dioperasikan manual. Meski manual rasanya tak kalah, kawan!

Saya sendiri tentu saja selalu pesan filter coffee. Di Minum Kopi sering ada biji kopi dari single estate atau single origin yang unik-unik. Kemarin saya mencoba single origin dari Situjuah Gadang, Sumatera Barat yang diproses natural. Aih sedap betul. Sebelum pesan saya tanya si abang baristanya, “kopi mana yang paling fruity?”. Dan dia merekomendasikan si Situjuah Gadang ini.

Kopi ini low body dengan acidity, sweetness dan fruity yang berimbang. Saya suka sekali. Sangkin sukanya saya pun memboyong biji kopinya ke rumah. Oh iya, di sini biji-biji kopi juga dijual. Siapa tahu kamu butuh biji kopi untuk seduh di rumah. Sekaligus membantu para petani, ya kan?

Kedai kopi yang buka setiap hari dari pukul 16.00 hingga 23.00 ini ternyata sudah memiliki mesin sangrainya sendiri. Waktu pertama kali ke sini sepertinya belum ada. Namun seiring waktu kedai kopi ini berkembang dan malah bagian belakangnya sudah diperlebar dan menjadi ruang luas yang bisa menampung lebih banyak orang.

Tak hanya menyediakan aneka menu kopi, Minum Kopi juga menyediakan menu minuman lain seperti cokelat panas, aneka teh, matcha dan lain-lain. Siapa tahu kamu akan mengajak seseorang yang tak suka kopi berkencan, jadi sudah tahu bahwa Minum Kopi tak hanya melulu soal kopi.

Untuk saya waktu terbaik mengunjungi Minum Kopi adalah sore hari sesaat mereka buka. Langit sudah teduh namun kedai masih sepi. Jadi kamu bisa menikmati kopi dalam hening yang menyenangkan. Jika malam hari kedai kopi ini pasti ramai. Namun dalam riuh dan remang, MiKo tentu saja tetap memiliki pesonanya sendiri.

Minum Kopi

Jalan. Eka Rasmi VI No.7A, Gedung Johor,

Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.