SPECIALITY COFFEE SEBAGAI COFFEE SERVICE DI HOTEL, MENGAPA TIDAK?

Sering menginap di hotel berbintang hampir di tiap kota apakah itu urusan pekerjaan atau karena kebetulan menginap selama liburan tentunya di antara kita sudah pasti memiliki penilaian tersendiri tentang beberapa hotel. Seakan kita punya syarat penilaian tentang pelayanan hotel yang apakah memuaskan, fasilitas kamar apakah lengkap, atau bahkan bagaimana coffee servicenya yang disediakan oleh pihak hotel. Dan sudah pasti tugas pengelola bagaimana meningkatkan citra hotel mereka di mata pengunjung.

NAMUN tidak sedikit yang keliru, mengabaikan potensial pengunjung dari kalangan penikmat kopi, mungkin sebagian penikmat kopi jalur indie akan mundur diri untuk menikmati sajian kopi dari pihak hotel. Bahkan tidak jarang di era di mana kopi semakin pesat, masih ada saja kopi saset instan yang disediakan sebagai coffee service dari hotel, terdengar sungguh miris memang. Tapi banyak juga yang mulai peka dan serius mengambil perhatian pengunjung dari kalangan penikmat kopi, kemudian banyak hotel yang mulai investasi membeli mesin kopi sebagai coffee service untuk tamu-tamu mereka.

Jadi jangan heran jika pergi ke hotel ketika acara seminar atau memang sedang menginap, kemudian menemukan mesin kopi siap sedia untuk menyajikan secangkir kopi yang nikmat untuk para tamu mereka. Dan biasanya, banyak hotel yang mulai mengerti akan melirik mesin-mesin kopi seperti Mesin Kopi Otten 712 atau 708, tapi ada juga yang memilih alat kopi manual brew untuk memanjakan mata para tamu yang hadir. Sekaligus sebagai interior yang melengkapi lobi restoran hotel mereka. Seperti alat seduh manual Chemex, V60 ataupun Kalita wave. Tidak hanya bisa menyajikan kopi yang nikmat, designnya yang elegan menjadi daya tarik tersendiri.

credit: saverocity.com

Namun kendalanya, walaupun hotel menginvestasikan mesin kopi sebagai coffee service mereka, masih banyak yang bingung bahkan mengabaikan managemen untuk menjaga mesin kopi mereka. Dan kurangnya pemahaman tentang sajian kopi pada pelayan resto hotel juga menjadi masalah, maka perlu diberikan wawasan mengenai sajian kopi agar tidak terlalu awam. Mungkin sedikit tips, sebelum memulai untuk serius menyajikan speciality coffee sebagai coffee service di hotel, coba simak berikut ini.

MENJAGA KONSISTENSI RASA
Perlu diingat jika ingin menjadikan kopi sebagai daya tarik dari hotel, tentunya harus mengerti bagaimana menjaga rasa agar tetap konsisten dari hari ke hari. Hal ini tidak mungkin terwujud, tanpa wawasan tentang kopi, sebab bagaimana rasa bisa terekstraksi banyak yang mempengaruhinya, dari mulai rasio kopi juga metode sajiannya.

MEMILIH BIJI KOPI DENGAN RISET
Untuk menjadikan sajian kopi speciality sebagai coffee service di hotel, perlu memahami biji kopi yang seperti apa yang kita pilih. Dan perlu melakukan riset dari kedai kopi di sekitar hotel, kopi apa yang menjadi favorit pengunjung, dan kemudian tentukan kopi seperti apa yang sesuai untuk disediakan di hotel. Menyediakan dua atau lebih single origin untuk persediaan tidak ada salahnya.

credit: hoteles.com

MANUAL BREW JUGA TIDAK ADA SALAHNYA
Mungkin selama ini, sajian kopi yang ada di hotel menggunakan coffee maker sekaligus pemanas dan juga ada yang menggunakan boiled jug yang besar yang terus-menerus dipanaskan. Perihal rasa, kopi tidak akan nikmat lagi jika dipanaskan terus-menerus, nah tidak ada salahnya jika menggunakan manual brew sebagai coffee service. Ketika ada yang ingin kopi barulah dibuat, hanya saja memang memerlukan waktu beberapa menit.

MEMPERHATIKAN KEBERSIHAN ALAT KOPI
Manual brew atau pun menggunakan mesin kopi, harus memperhatikan kebersihan alat kopi, hal ini guna menjaga konsistensi rasa ketika seduhan kopi nantinya tidak ada yang mengganggu rasa. Jadwal membersihkan alat kopi secara berkala tergantung seberapa sering alat kopi digunakan.

MENEMPATKAN ORANG YANG PASSION DI BIDANG KOPI
Jangan menempatkan sembarangan orang untuk menyajikan sajian kopi speciality, minimal harus mempunyai wawasan tentang sajian kopi, sekarang ini tidak sulit untuk menemukan bahan belajar mengenai kopi. Bahkan bila perlu, bisa juga mengikut sertakan pelayan hotel dalam kelas-kelas basic barista yang ada.

Sebagai tamu hotel yang mengharapkan secangkir kopi nikmat di hotel tempat mereka menginap, namun ternyata pihak hotel belum serius dengan sajian kopi mereka. Tentunya banyak pengalaman yang dirasakan, apakah kopinya terlalu encer atau malah sedikit terasa asin. Bagaimana dengan kamu, adakah pengalaman unik ketika menikmati coffee service di hotel.

src: hospitalitynet.org img: westinpittsburgh.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.