STARBUCKS RESERVE SHANGHAI ROASTERY

Mampir ke Shanghai rasanya tak asyik jika melewatkan kunjungan ke Starbucks terbesar di dunia yaitu Starbucks Reserve Shanghai Roastery.

KEBETULAN kami memang datang ke Shanghai dalam rangka The Shanghai International Hospitality Equipment and Food Service Expo 2019. Sebuah event besar yang di dalamnya banyak pelaku dan industri kopi yang saling bertatap muka. Di sela-sela acara kami menyempatkan diri untuk mampir ke Starbucks Reserve Shanghai Roastery yang berada di West Nanjing Road, Jingan District yang merupakan salah satu kawasan yang menjadi pusat perbelanjaan di Shanghai.

Lokasi Starbucks yang sangat strategis ini membuatnya ramai didatangi banyak orang. Baik pecinta kopi lokal maupun wisatawan. Bangunanya kira-kira seluas 2.700 meter persegi atau “katanya” seluas setengah lapangan sepak bola. Dari luar eksterior Starbucks Reserve Shanghai Roastery ini berbentuk melengkung layaknya gedung museum. Dari jauh sudah bisa kelihatan dan tentunya gampang ditemukan.

Kami cukup takjub dengan desain interiornya yang sangat modern dan terlihat dipikirkan. Langit-langit gedung yang berbentuk heksagonal bersusun indah dan estetis. Di sini kamu bisa menyaksikan mesin sangrai Probat 120 kg yang bekerja secara otomatis. Konon katanya di sini proses sangrai dilakukan seharian penuh karena semua kopi dari sini akan didistribusikan ke gerai-gerai Starbucks di Asia.

Seperti Starbucks Reserve di Bali, di sini kami bisa melihat banyak sekali hal menarik mulai dari green bean station hingga coffee library. Perjalanan kopi dari green bean sampai ke packaging juga bisa dinikmati di sini. Tak hanya kedai kopi dan roastery biasa, Starbucks yang satu ini juga menjelma ranah pengetahuan untuk mereka yang penasaran tentang kopi dan perjalanannya.

Untuk harga kopi, menurut kami sedikit lebih mahal dari kedai kopi lain. Tapi sangat worth it karena pengalaman yang didapat begitu seru. Kami memesan secangkir Americano dan juga teh. Oh iya, bagi yang suka teh dan familiar dengan Teavana, sila main ke lantai duanya. Ada banyak jenis teh yang nikmat untuk pecinta teh. Jika ingin camilan, di sini juga tersedia aneka cake dan croissant. Kami sempat mencoba croissant-nyajuga.

Satu hal yang paling tak terlupakan adalah pada saat kami mampir ke sini, sang juara barista Agnieszka Rojewska, 2018 WBC Champion juga sedang ada di sini. Mungkin dia mampir ke sini disela-sela acara he Shanghai International Hospitality Equipment and Food Service Expo 2019 karena banyak orang-orang kopi dunia yang juga hadir. Sayang kami tidak sempat mengobrol dengan dia karena dia sangat sibuk dan banyak dikelilingi para fansnya. Ha-ha-ha.

Untuk kami Starbucks Reserve Shanghai Roastery ini harus dikunjungi karena akan memberi pandangan yang berbeda tentang Starbucks. One of the best Starbucks we’ve ever visited!

Starbucks Reserve Shanghai Roastery

789 West Nanjing Road, Unit 110 & 201,

Jingan District, Shanghai

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.