STIRCLE: MENGADUK KOPI TANPA ALAT PENGADUK

Seberapa sering kamu mengaduk kopimu sesaat sebelum diteguk pada saat berada di kedai kopi? Well, kini kamu tak membutuhkan pengaduk plastik atau kayu manual.

KARENA telah tercipta sebuah alat pengaduk kopi elektronik yang bisa menggantikan pengaduk berbahan plastik yang tak ramah lingkungan dan pengaduk berbahan kayu atau bambu yang terbuat berkat penebangan hutan.

Menurut penelitian yang telah dilakukan lembaga riset yang meneliti menghitung banyaknya jumlah pengaduk plastik yang disediakan di setiap kedai kopi, ada sekitar 400 juta pengaduk kopi yang terbuang sia-sia setiap harinya. Bayangkan betapa sia-sianya pengaduk yang hanya kita gunakan dalam hitungan detik dan kemudian berakhir di tong sampah.

Stircle lahir untuk mengurangi pemakaian bahan-bahan yang tak perlu dan juga mengusung gaya hidup zero-wasting. Hebatnya lagi Stircle ini mampu mengaduk semua jenis cangkir kopi tanpa terkecuali berapa besar ataupun kecil ukurannya. Meski terlihat hanya seperti alat kecil yang berputar-putar di atas counter saja, Stircle ternyata terbukti benar mengaduk kopi layaknya pengaduk kopi manual yang digerakkan tenaga manusia.

Stircle yang dibandrol dengan kisaran harga $345 sampai dengan $490 ini tampaknya akan menjadi alat canggih di setiap kedai kopi masa depan. Kemunculannya dinilai akan menghemat cost sebuah kedai kopi dan juga membantu menjaga lingkungan dari pembuangan limbah yang sukar didaur ulang.

Lalu apakah Stircle ini tidak akan menumpahkan kopi yang ada di dalam cangkir dengan gerakan memutar yang cepat? Jawabannya tidak. Sejauh ini riset dilakukan pada cangkir kopi kertas yang biasa dipakai untuk coffee-to-go bukan cangkir keramik atau porselain yang biasa dipakai di kedai kopi untuk dinikmati di kedai. Jadi dengan penutup cangkir, tentu paper cup tidak tumpah saat diletakkan di dalam Stircle. Oh iya, Stircle juga bisa dipakai untuk minuman dingin aneka ukuran dan hebatnya mampu mengaduk hingga sempura. Termasuk mengaduk frappuccino venti kegemaranmu yang jumbo itu!

Jadi menurut kamu akankah semua kedai kopi akan mengadopsi alat canggih yang satu ini? Saya rasa sih mungkin saja meski tak tahu kapan realisasinya.

Foto utama dari amronexperimental.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.