THE STOLEN CUP MELAKA

Jonker Walk Melaka dan hiruk-pikuk para pelancong bukan berarti tak ada kopi yang mendamaikan. Justru tepat di inti Lorong Hang Jebat yang padat saya menemukan The Stolen Cup!

Melaka atau Malaka Malaysia adalah salah satu kota favorit saya. Tak hanya perihal situasi yang santai dan lay back tempat ini menyimpan banyak potensi kedai kopi yang nikmat. Salah satunya bernama ‘cangkir yang tercuri, The Stolen Cup! Saya memang selalu memilih menginap di area Jonker Walk.

Pesona kota kecil chinatown yang anggun dengan gedung-gedung tua. Jonker adalah ‘jantungnya’ Melaka. Jika tak menginap di daerah sana saya mungkin takkan merasakan rima degup kota ini.

Dan tak jauh dari saya menginap (saya menginap di Lorong Hang Kesturi), ada kedai kopi yang dua tahun lalu saat saya mampir ke sini belum ‘lahir’. Tepat di keramaian Lorong Hang Jebat edarkan sedikit pandangan pada sebuah gedung hitam legam. Di sana akan kamu temukan sebuah harta karun yang membahagiakan dengan kenikmatan kopinya.

The Stolen Cup ternyata menipu. Saya kira kedai kopi ini hanya berupa satu ruko kecil dengan konsep take-away saja. Siapa sangka kedai ini mengambil dua lorong sekaligus dan memanjang ke dalam. Mesin Simonelli dan penggiling kopi Mahlkonig bekerja begitu keras meladeni siapa-siapa yang singgah untuk secangkir kopi. Oh iya, ada juga es krim yang mampu meluruhkan Melaka yang terkenal panas ini.

Saya kagum dengan interiornya yang artsy dan didekorasi dengan sentuhan klasik kayu di sana-sini. Coffee bar menyediakan beberapa kursi di depannya dan di sanalah saya betah nongkrong. Ngobrol apa saja dengan sang barista. Sedang di ruangan dalam ada banyak sekali kursi berjejer dengan ruang yang lebih lega. Nyaman dan adem meski terbuka. Di sini tidak ada menu filter coffee dan karena itu saya hanya memesan hot americano dan hot caffe latte. 

Karena baristanya tahu saya agak sedikit kecewa dengan ketiadaan filter coffee maka dia menawarkan americano saya menggunakan single origin Ethiopia kalau tidak salah. Padahal biasanya mereka menggunakan house blend yang memang sudah ada di hopper grinder-nya. Well, satu nilai plus yang membuat senyum saya terbit. Dan voila kopinya enak tanpa basa-basi!

Tak hanya americano dengan single origin Ethiopia yang mantap, ternyata kata teman saya caffe latte-nya juga enak. Komposisi kopi dan susunya seimbang. Tak ada yang lebih dominan karena keduanya pas dalam sekali teguk.

Tak menyesal ke The Stolen Cup ini. Sayangnya, karena kami sudah kekenyangan habis makan chicken rice balls yang tersohor itu maka kami tak sempat mencicipi snacks dan cakes yang ada di sana. Padahal ada banyak pilihan yang terpampang di show case-nya. Lain kali mau coba!

Jadi jika kamu mengira bahwa Jonker Walk itu hanya perihal touristic place dengan pedagang souvenir dan kedai chicken rice balls yang tumpang tindih saja maka kamu salah. Ada kedai kopi yang juga ‘mencuri’ hatimu yang mungkin galau saat candu kafein menagih untuk ditunaikan!

The Stolen Cup

Jalan Hang Jebat No. 12 A,

75200 Melaka, Malaysia

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.