America Cafe & Travel International

STUMPTOWN & KEKAGUMAN YANG LUAR BIASA

Eksterior coffee shop yang kece sekali.


Ada keharuan tersendiri ketika akhirnya bisa mencicipi kopi langsung di Stumptown Coffee Roastery, sebuah nama yang mengusung lahirnya The Third Wave Coffee.

PERJALANAN panjang kami lalui tak tanggung-tanggung sebelum sampai ke kedai kopi yang satu ini. Sebenarnya tujuan kami datang ke Negeri Paman Sam adalah dalam rangka Specialty Coffee Association of America (SCAA) Expo di Atlanta, Georgia. Karena harus berhenti di New York (sayang sekali kami tidak melipir ke Portland, tempat Stumptown berasal), jadilah langkah ini diringankan untuk bertandang ke salah satu cabang Stumptown Coffee Roastery.

Suasana asik ditambah kenikmatan kopi yang enak sekali.

Suasana asik ditambah kenikmatan kopi yang enak sekali.

Ada kegembiraan yang sedikit berlebihan ketika kami menjejakkan kaki ke coffee shop ini. Bagaimana tidak? Stumptown adalah sebuah nama besar di industri kopi bahkan salah satu pelopor Gelombang Kopi Ketiga. Didirian pertama kali di Portland, Oregon, Amerika Serikat pada 1999 oleh Duane Sorenson, perusahaan kopi ini telah mengubah wajah industri kopi dunia dan sejak itu juga coffee specialty berkembang dengan tak terbatas.

Kedai kopinya ramai tapi hanya butuh 5 menit saja untuk mengantri secangkir kopi. Hebat!

Kedai kopinya ramai tapi hanya butuh 5 menit saja untuk mengantri secangkir kopi. Hebat!

Di New York sendiri ada beberapa cabang Stupmtown Coffee Roastery, kami sendiri berkunjung ke gerainya yang berada di Ace Hotel New York berhubung itu yang paling memungkinkan dijangkau. Memasuki kedai kopi ini kami disambut dengan alunan musik jazz yang sepertinya memang menjadi playlist kafe ini. Aroma kopi merebak di seluruh penjuru. Kedai kopi terlihat sibuk dengan manusia-manusia pendamba kafein. Meskipun ramai tapi mengantrinya tak lebih dari 5 menit saja.

Rak penuh biji kopi yang siap dibawa pulang.

Rak penuh biji kopi yang siap dibawa pulang.

Mata saya mengamati segala sisi. Di coffee bar bertengger manis mesin espresso Lamarzocco PB 3 Group 2 Unit. Pun ditemani oleh grinder Mazzer Robur yang tak kalah gagah. Saya yang sudah tidak nyaman dengan suhu kota New York yang 7’C langsung saja membutuhkan minuman hangat. Saya memesan single origin Ethiopia yang diseduh manual dengan Chemex. Ah, rasanya nikmat benar menyeruput kopi enak di kedai kopi yang memang sudah lama saya ingin sambangi.

Aneka souvenir dari Stumptown yang bisa kamu jadikan oleh-oleh.

Aneka souvenir dari Stumptown yang bisa kamu jadikan oleh-oleh.

Namanya juga roastery, pastilah juga menjual banyak sekali single origin dari berbagai daerah di dunia. Kalau kalian pernah menonton film A Film About Coffee yang menampilkan Stumptown bekerja sama dengan petani kopi Huye Mountain Rwanda, maka di sini biji kopi dari pertanian tersebut juga ada dijual. Asiknya lagi, setiap pembelian biji kopi kamu diberikan satu cangkir black coffee secara cuma-cuma. Harga single origin dan coffee blend-nya sendiri berkisar antara $15 – $20. Karena belum tahu kapan bisa balik lagi ke sini tentu saja saya membeli beberapa bungkus biji kopi untuk diseduh setibanyak di rumah. Oh iya, di setiap coffee bag-nya disertakan informasi tentang biji kopi tersebut dengan sedetail-detailnya. Suka!

Setiap kemasan kopi disertai oleh informasi dari biji kopi tersebut. Keren!

Setiap kemasan kopi disertai oleh informasi dari biji kopi tersebut. Keren!

Tak cukup dengan hanya membeli biji kopi, saya juga sempat mencicipi cold brew segar yang sepertinya menjadi salah satu cold brew paling enak yang pernah saya cicipi. Stumptown Coffee & Roastery juga menjual banyak sekali pernak-pernik khas mereka yang bisa dijadikan souvenir bagi pengunjungnya. Souvenir tersebut mulai dari cangkir kopi, tumbler, tshirt, hingga banyak lagi.

Salah satu cold brew terenak yang pernah saya cicipi.

Salah satu cold brew terenak yang pernah saya cicipi.

Sebenarnya saya masih mau berlama-lama menikmati atmosfer kedai kopi yang harum namanya ini. Tapi apa daya waktu yang singkat membuat segalanya harus segera disudahi. Meski begitu, terpenuhi sudah satu daftar kedai kopi yang harus saya kunjungi. Stumptown Coffee Roastery tak hanya sekedar nama besar. Dia adalah sebuah nama yang menjamin kenikmatan tiap cangkir bagi para pendatang yang mampir ke kedainya. Dan untuk itu, tak ada alasan untuk tak jatuh cinta.

Stumptown Coffee Roastery

Ace Hotel 

18 W 29th St, New York, NY 10001, Amerika Serikat

single-origin kopi

 

 

 

 

12,936 total views, 1 views today

You Might Also Like

1 Comment

  • Reply
    Dimas A Prasetyo
    April 24, 2016 at 1:06 am

    Sebagai seorang brewer dan coffee enthusiasts saya juga ingin sekali mencicipi signature cold brew dari Stumptown. Sudah sejak lama saya mengikuti perkembangannya dan mendapatkan banyak inspirasi dari Stumptown. Beruntung bisa berkunjung kesana.

  • Leave a Reply