SUASANA NGOPI SEPERTI APA KAMU INGINKAN TAHUN INI

Coba ingat, bagaimana kesan pertama meneguk sajian kopi sehingga kamu jatuh hati padanya.

SECANGKIR kopi yang sama akan memiliki persepsi berbeda, tergantung bagaimana dan dimana seseorang menikmatinya. Saya percaya tiap gilingan dan diseduh hingga pada akhirnya menjadi sajian kopi nikmat, menggunakan biji kopi berkualitas yang telah dirawat oleh petani kopi sekian lama. Selanjutnya perjuangan petani kopi diteruskan oleh roaster, biji kopi disangrai pada level optimal agar nantinya ketika diseduh memiliki rasa yang kaya. Hal itu tidaklah cukup, bagaimana metode seduhan memperlakukan bubuk kopi, dan seperti apa suasana menikmati sajian kopi, akan semakin menjadikannya minum kopi penuh kualitas.

credit: Bean Green

Berawal dari minum kopi yang diseduh secara tradisional, menubruk bubuk kopi ke cangkir enamel putih, dibiarkan bubuk kopi mengendap hingga ke permukaan. Sebuah kedai kopi lokal milik kenalan, sengaja dibuat tanpa plang nama terpampang di sana, tapi ada kesan yang melekat hingga sekarang. Apakah karena sajian kopi tubruk, atau suasana obrolan menemani tiap teguk sajian kopi. Tapi bagi saya, kesan minum kopi yang masih teringat hingga sekarang merupakan salah satu bentuk ngopi berkualitas menurut saya. Maka, saya yakin tiap orang punya cara sendiri memaknai minum kopi berkualitas, sebuah suasana yang tercipta ketika teguk kopi pertama atau pun saat pertama kali kopi diseduh.

Berawal dari kopi tubruk, cara seduh tradisional yang membangkitkan rasa ingin tau saya, dan kini tetap menyenangi sajian kopi. Kebiasaan minum kopi masyarakat di suatu negara tentu akan membentuk budaya kopi masing-masing. Kebiasaan minum kopi di awal pagi dengan anggota keluarga, siapa mengira malah menciptakan cara seduh yang ditemukan oleh Melitta Benz di tahun 1960an. Melitta Benz berkebangsaan Jerman, ingin menyajikan kopi nikmat untuk suaminya dan memiliki ide menggunakan filter. Hingga sekarang, sajian kopi drip menggunakan paper filter sangat disenangi di seluruh dunia.

Pesatnya perkembangan sajian kopi, menuntun pecinta kopi untuk menemukan cara ngopi berkualitas mereka masing-masing. Sedikit tips untuk lebih menikmati lagi secangkir kopi dengan suasana ngopi berkualitas.

credit: firebox stove

Ngopi di alam tentu sangat mengesankan, meneguk secangkir kopi nikmat dan memandang sekeliling menjadi momen yang tidak terlupakan. Pegunungan, pantai atau pun suasana alam lainnya, menjadi penting mempersiapkan segala sesuatunya untuk seduh kopi di alam.

Ngopi di rumah bisa sangat eksklusif jika memahami esensi dari menikmati sajian kopi itu sendiri. Jika sebagian orang menikmati kopi di alam, maka ngopi di rumah adalah sebuah perayaan melayani luangnya waktu setelah seharian sibuk. Menyeduh kopi dengan perlengkapan yang elegan, menambah kualitas seduh dan tentunya kualitas ngopi.

Ngopi sendirian atau pun ditemani dengan obrolan bersama kerabat atau pun sejawat merupakan cara lain menikmati momen berkualitas menikmati tegukan sajian kopi. Membaca buku disudut ruang dan perlahan seruput cangkir kopi kebahagiaan tak terhingga untuk sebagian orang.

Saya percaya tiap orang punya cara sendiri, memaknai waktu dan suasana yang tepat untuk ngopi berkualitas. Yuk berbagi cerita, seperti apa ngopi berkualitas menurut kamu?

sumber
beanmasters.coffee how to drink coffee the proper way

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.