SUDDEN COFFEE, KOPI INSTAN DENGAN ‘RASA SEDUH MANUAL’

Pernah membayangkan bagaimana nikmatnya secangkir kopi hasil seduh sendiri tanpa repot-repot mengalami ritual seduh yang panjang dan memakan waktu? Sudden Coffee hadir menyingkirkan semua itu.

JIKA selama ini kita membayangkan kopi instan adalah kopi yang tidak enak (mungkin juga manis) dan tidak baik untuk kesehatan karena dibuat dan diproses dengan cara ‘kurang manusiawi’ menurut standar pecinta kopi, maka Sudden Coffee lahir memutarbalikkan semuanya. Sudden Coffee adalah sebuah brand start-up asal San Fransisco, California yang ingin mengubah stigma dan mindset orang-orang terhadap kopi instan.

Credit : sudden coffee.com
Credit : sudden coffee.com

Berbeda dari kopi instan yang terlanjur beredar di pasaran dan dikonsumsi dari zaman ke zaman. Sudden Coffee melejit unggul dengan kemudahan penyajian tetapi nikmat dan sehat untuk dikonsumsi para penikmatnya. Sudden Coffee memang tidak semurah kopi instan lainnya yang ramah untuk kantong. $6 perkopinya dinilai tidaklah mudah untuk sebuah kopi instan sekali seduh. Tapi, harga sedemikian tinggi itu setimpal dengan kenikmatan yang didapatkan.

Credit : nytimes.com
Credit : nytimes.com

Kalle Fresse salah satu co-founder Sudden Coffee yang juga merupakan Finnish Barista Champion 2015 ini mengatakan Sudden Coffee bukanlah sebuah kopi instan biasa. “Meneguk secangkir kopi dari Sudden Coffee seperti menikmati secangkir kopi yang hampir setimpal dengan coffee filter. Bayangkan hanya dengan sekali seduh dengan air panas dan tanpa proses panjang kamu bisa menikmati kopi dengan notes beraneka.”

Credit : sprudge.com
Credit : sprudge.com

Sudden Coffee menggunakan single origin dari coffee roasters terkemuka seperti Ritual dan Paralle Coffee Roaster. Lalu mereka melakukan proses dehydrate menjadi bubuk kopi dan dikemas apik di dalam tabung berbentuk kapsul yang siap diseduh. Salah satu single origin yang digunakan adalah Biftu Gudina dari Ethiopia. Kopi bubuk instan mana yang mampu memberikan cupping notes dan after taste seperti yang ditawarkan Sudden Coffee ini? Well, sepertinya belum ada ya. Sudden Coffee ini sepertinya layak disebut sebagai instant specialty coffee. Sebuah term yang janggal memang tapi demikianlah adanya.

Industri kopi memang seringnya membingungkan kita. Di saat orang-orang mulai menikmati proses menyeduh kopi dengan rela ‘berepot’ ria menyeduh secara ‘perlahan’, Sudden Coffee hadir menyingkirkan segala proses itu dan boom! mari seduh kopi tanpa proses yang melelahkan. Ah, kita tunggu saja apakah Sudden Coffee ini mampu memberikan nikmat yang selama ini kita cari tanpa proses yang panjang.

 

Artikel dan foto disunting dari suddencoffee.com

 

cari-kopi

 

 

464 total views, 4 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.