SUKA SEDUH KOPI SENDIRI, SIMAK TIPS MEMILIH ESPRESSO MAKER INI

Apakah kamu tahu kebahagiaan tiada tara, adalah bisa menikmati secangkir kopi di mana pun kita berada, terlebih lagi kopinya hasil seduh kopi sendiri. Bahagia itu memang sederhana bagi mereka yang menginginkannya.

SIAPA pun yang ingin seduh kopi sendiri sekarang ini sangat mudah, banyaknya alat kopi yang diproduksi begitu ramah dengan penggunanya. Jadi jangan heran tiap tahunnya alat kopi diproduksi dengan banyak sekali penemuan baru, sebuah inovasi yang memanjakan penikmat kopi untuk seduh kopi sendiri di mana pun mereka berada.

Namun, banyaknya alat kopi yang tercipta sekarang ini, adalah keberkahan dari kemajuan industri kopi tapi sayangnya terlalu banyak alat kopi kadang membuat seseorang bingung alat kopi yang seperti apa yang sesuai untuknya. Tidak ada teori yang mendasar bagaimana alat kopi yang sesuai untuk gaya seduh kopi seseorang, hanya sebuah referensi dan mungkin bisa digunakan sebelum seseorang memilih alat kopi untuk dirinya.

Alat kopi sendiri terbagi banyak sekali jenisnya berdasarkan metode seduh, secara umum terbagi menjadi alat kopi manual brew dan alat kopi espresso. Pada kesempatan ini, izinkan saya mengulas tips memilih espresso maker yang sesuai untuk gaya seduh kopi kita. Semoga bisa menjadi referensi sebelum memilih espresso maker sebagai koleksi di rumah.

credit: thenextweb

Sukanya Seduh Kopi Di mana?
Jika kamu lebih nyaman untuk membuat kopi di rumah, maka banyak pilihan espresso maker untuk gaya seduh kamu. Tapi, jika kamu hobinya jalan-jalan dan bisa sewaktu-waktu ingin seduh kopi di mana saja, maka kamu harus cari espresso maker yang bisa di bawa ke mana saja. Karena beberapa espresso maker, punya dimensi yang besar dan tidak nyaman jika dibawa ke luar rumah.

Harga dan Keinginan
Untuk memilih alat kopi yang sesuai dengan gaya seduh kita kadang akan mengalami dilema mempertimbangkan harga atau keinginan. Memilih espresso maker sesuai keinginan tapi di luar budget yang telah disediakan, atau memilih espresso maker di bawah budget tapi bukan keinginan. Terpulang dengan keputusan kita, hanya saja lebih baik berdamai dengan harga dan memilih espresso maker yang sesuai keinginan, akan mendatangkan bahagia ketika seduh kopi sendiri.

Fitur Kelengkapan Tambahan
Jika ada dua alat kopi espresso maker yang kamu inginkan, cobalah pilih dari kelengkapan yang ditawarkan di antara keduanya. Ada yang melengkapi espresso maker dengan sebuah case agar mudah untuk disimpan, ada juga yang tidak melengkapinya. Maka lebih baik teliti tentang kelengkapan apa saja yang diberikan.

credit: aristathebarista.co.za

Kenyamanan
Mempertimbangkan kenyaman ketika digunakan sangatlah penting, untuk tiap orang malahan berbeda indikasi nyaman ketika menyeduh kopi mereka. Ada yang nyaman menggunakan espresso maker di dapur, ada juga yang nyaman membuat espresso di alam bebas. Maka, carilah espresso maker yang nyaman menurut kamu.

Dimensi Alat Kopi
Seberapa besar alat kopi espresso maker perlu dipertimbangkan, karena ukuran dari alat kopi tersebut mempengaruhi ruang ketika suatu saat akan kamu bawa bepergian. Untuk yang hobi traveling mungkin akan memilih alat kopi yang tidak memakan ruang, namun jika bepergian dengan koper tidak ada masalah bila ukuran alat kopi memakai sedikit ruang berlebih di koper.

Pressure Bar
Seberapa tinggi pressure bar tidak menjadi indikator seduhan kopi kita senikmat tingginya pressure bar. Karena potensi pressure bar disesuaikan dengan kemampuan tiap espresso maker, maka sudah pasti tiap espresso maker berbeda-beda pressure barnya.

credit: razoesparaacreditar.com

Desain dan Material
Desain dari espresso maker akan menambah kesan ketika membuat kopi. Desain yang menarik, akan menciptakan suasana yang nyaman. Seperti Aram Espresso Maker yang diciptakan dengan menjawab segala pertimbangan ketika ingin membeli espresso maker. Desainnya yang estetis dan material yang terbuat dari stainless steel tahan karat, menambah nilai lebih dari alat espresso maker ini. Pressure bar bisa mencapai tekanan bar dari 8 hingga 14 bar, disamping itu sesuai untuk mereka yang menyeduh kopi di rumah atau pun menyeduh kopi ketika bepergian. Hanya saja, Aram Esperesso Maker tersedia terbatas, coba lihat di sini.

Apa pun pilihan kamu, jangan lupa untuk mempersiapkan hal lainnya sebelum membuat espresso. Biji kopi yang serga, air panas, dan manual grinder menjadi peralatan wajib sebelum seduh kopi sendiri di mana pun kita berada.

src: portableandcoolcom img: sprudge

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.