TAHUKAH KAMU FUNGSI ‘TOMBOL KECIL’ PADA CHEMEX?

Chemex adalah salah satu alat seduh manual paling popular dan digemari sepenuh hati. Namun tak semua orang mengenal Chemex dengan sebegitu lekat.

SAYA sendiri baru beberapa hari ini tersadar bahwa ada yang luput dari perhatian dari desain Chemex yang indah itu. Jika kamu perhatikan Chemex dengan collar kayu (saya belum sempat melihat Chemex yang versi handle) ukuran 6 cups dan seterusnya kamu akan menemukan sebuah ‘tombol kecil’ menonjol tepat di bawah ‘lehernya’. Tombol ini sekilas mirip pusar pada manusia karena letaknya tepat ‘di perut’ dan di tengah-tengah.

Awalnya saya abaikan saja, namun lama kelamaan rasa penasaran akan fungsi tombol ini cukup mengganggu. Tak mungkin sang maestro Peter Schlumbohm, Ph.D yang mendesain Chemex tak bermaksud apa-apa soal tombol pada tubuh Chemex. Lagi pula keberadaan tombol ini sudah ada sejak 1941, tahun pertama kali Chemex lahir ke muka bumi.

Foto dari Gear Patrol

Karena penasaran dan juga tak tahu di mana ‘buku panduan’ Chemex saya berada, saya pun menelusurinya lewat jalur maya. Pada situs Gear Patrol saya temukan jawabannya. Ternyata fungsi dari tombol pada Chemex adalah untuk menadai setengah dari volume hasil seduhan. Pada Chemex ukuran 6, 8 dan seterusnya hasil seduhan umumnya tidak akan melewati batas leher Chemex. Fungsi tombol ini adalah untuk memudahkan para penyeduh agar tidak kelewatan dalam menyeduh.

Tentu menurut Peter Schlumbohm, Ph.D ini tak berlaku untuk para penyeduh kopi Gelombang Ketiga. Fungsi tombol ini diperuntukkan untuk penyeduh kopi di masa lalu ketika orang-orang masih menakar kopinya dengan sendok dan menuangkan airnya dengan kira-kira saja. Tombol pada tubuh Chemex adalah patokan agar air tidak tertuang terlalu banyak. Jadi singkatnya adalah jika kamu menginginkan kurang lebih 600 ml kopi, maka kamu menggunakan 4 sendok makan bubuk kopi. Chemex ukuran 6 cups menampung kira-kira 1200 ml air. Jadi tombol itu adalah patokan rasio 600 ml kopi yang kamu inginkan.

Agak lawas memang fungsi dari tombol Chemex ini. Namun di masa lalu hal ini sangat membantu karena timbangan tak pernah terpikir akan menjadi alat seduh wajib dalam menyeduh kopi. Setidaknya kini kita atau saya tidak lagi penasaran dengan tombol kecil di tubuh Chemex. Tidur pun bisa nyenyak sekarang. Ha-ha-ha.

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.