TAHUKAH KAMU PENYAKIT BERNAMA ‘MUNTAH BUBUK KOPI?’

Penyakit muntah bubuk kopi ternyata bukanlah jenis penyakit baru yang menjangkit manusia. Mau tahu apa dan bagaimana penyakit ini? Simak terus artikel di bawah ini.

PENYAKIT muntah bubuk kopi atau dalam bahasa kedokterannya disebut dengan Coffee Ground Vomitus adalah penyakit muntah darah yang hasil muntahannya bergumpal dan bertekstur menyerupai bubuk kopi serta berwarna merah kecokelatan dan nyaris gelap. Coffee Ground Vomitus seperti yang disunting dari situs kesehatan healthline.com terjadi karena disebabkan oleh berbagai kondisi seperti masalah pencernaan, esofagus yang berhubungan dengan penyakit hati serta bisa juga masalah radang pada organ lambung manusia.

 

credit: groundtoground.org

Muntah bubuk kopi ini ternyata adalah gejala serius yang jika terjadi pada kamu dan orang terdekatmu harus segera dilarikan ke rumah sakit dan mendapatkan pertolongan medis. Karena muntah yang menyerupai bubuk kopi ini ternyata indikasi dari masalah yang lebih serius. Dan jika sudah terjadi berarti ada sesuatu yang benar-benar darurat yang terjadi pada tubuhmu.

Menurut healthline.com lagi, ada beberapa gejala yang bisa memicu terjadinya muntah bubuk kopi ini antara lain kepala pusing berkelanjutan, wajah pucat, sakit pada dada, nyeri pada bagian lambung, sampai pingsan.

Lalu apa yang menyebabkan tektur muntahnya bisa menyerupai bubuk kopi? Menurut situs kesehatan honestdocs.id, kemungkinan besar adalah karena masalah yang terjadi pada lambung. Bisa juga karena masalah tenggorokan yang terkait sirosis karena penyalahgunaan alkohol. Selain itu bisa jadi dikarenakan virus hepatisis, penyakit autoimun dan penyakit hati berlemak atau dikenal dengan fatty liver. 

Jadi sangat perlu diketahui bahwa penyakit muntah bubuk kopi ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan kopi itu sendiri. Hanya saja tekstur muntahan darah itu memang menggumpal dengan warna kegelapan sehingga berbentuk seperti bubuk kopi.

Namun meski demikian, muntah bubuk kopi ini adalah penyakit serius yang tidak bisa diabaikan begitu saja karena akan berdampak buruk bahkan mengancam kematian bagi mereka yang mengalaminya. Jika kamu tahu ada orang sekitar yang mengalami penyakit ini segerakan langsung ke dokter dan tangani dengan serius.

Artikel disunting dari healthline.com dan honestdocs.id

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.