TAHUN BARU, YUK COBA KEBIASAAN NGOPI BARU!

2017 hadir dengan semangat dan kebahagiaan baru. Biar makin seru, yuk coba kebiasaan ngopi yang baru juga.

SAYA bukanlah orang yang mudah saja melepas kebiasaan-kebiasaan lama yang sudah terlanjur nyaman. Apalagi untuk urusan kopi. Tapi kali ini agar rutinitas ngopi saya di tahun 2017 ini semakin seru dan berbeda, saya ingin melakukan beberapa kebiasaan baru yang tentunya menyenangkan dan membuat khasanan dunia perkopian saya semakin bertambah. Karena tahun baru adalah waktu yang tepat untuk kembali mengumpulkan eksperimen dan pengalaman-pengalaman baru di 365 tahun ke depan. Juga ngopi dengan kebiasaan yang belum pernah dilakukan sebelumnya agaknya akan menjauhkan saya dari segala yang membosankan. Apa saja kebiasaan baru dalam ngopi routine yang akan saya lakukan? Berikut poin-poinnya. Silakan mencoba juga jika tertarik ya.

Credit : wallpaperscraft.com
Credit : wallpaperscraft.com

Membuat House Blend ‘Sendiri’

Di sini maksudnya bukanlah membeli mesin sangrai kopi dan menyangrai kopi sendiri lalu mencampurkannya menjadi sebuah house blend ala micro-roastery atau coffee shop. Di sini maksudnya adalah mencampurkan beberapa single origin untuk diseduh di rumah dan merasakan aneka sensasi ngopi menggunakan kopi-kopi yang dicampur ini. Jika selama ini kita terbiasa minum single origin saja, tak ada salahnya mencoba house blend racikan sendiri yang rasanya tak bisa tertebak dan mungkin saja kamu bisa suka. Saya pernah mencampurkan single origin Toraja Sapan dan Ethiopia Sidamo. Rasanya di luar dugaan. Sedap benar.

Mulailah Menyimpan Kopi Secara Benar

Banyak dari kita (termasuk saya) yang suka malas menyimpan kopi dengan benar. Sehabis membeli kopi dan meminum sedikit biasanya sisa biji kopi dibiarkan begitu saja di dalam coffee bag kemasan. Hal itu berakibat tidak baik untuk kesegaran biji kopinya. Mulai sekarang mulailah membeli wadah kedap udara atau canister. Banya aneka canister lucu seperti Bottlit-nya Kinto atau Coffee Cansiter dari Hario. Kamu bisa memilih aneka wadah kedap udara agar kopi yang kamu punya bisa terjaga kesegarannya lebih lama. Kebiasaan baru yang baik untuk ritual ngopi juga ‘kan?

Credit : winedharma.com
Credit : winedharma.com

Ngopi Lebih Ramah Lingkungan

I know we love paper filter so much. But, let’s try to use metal filter more. Memang mengubah kebiasaan ini sangatlah tidak mudah. Tapi tak ada salahnya sesekali menyeduh kopi dengan metal filter ‘kan? Selain lebih hemat buat kantong, juga ikut serta dalam gerakan ngopi yang lebih eco-friendly karena mengurangi pemakaian kertas. Selain itu, mulailah mengurangi menggunakan paper cup saat harus take away di kedai kopi. Bawa coffee cup kamu sendiri. Banyak kok pilihan coffee cup keren semacam Keep Cup, Upper Cup, Hario Uchi Mug sampai yang unik seperti Goat Mug Story.

Credit : nutritionhustle.com
Credit : nutritionhustle.com

Jangan Lewatkan Kopi Pagimu

Jangan lagi melewatkan secangkir kopi pagi di saat sarapan karena terlambat bangun dan tak punya waktu menyeduh. Kopi pagi adalah yang terbaik dari yang terbaik. Tak ada cara terbaik mengawali hari dengan bangun, menyeduh kopi, menghirup aromanya dan menyesap rasa luar biasa. Kebiasaan terlambat dan tergesa-gesa di pagi hari harus kamu tepis jauh-jauh agar kamu punya waktu untuk menikmati kopi pagimu. Percayalah, kopi di pagi hari mampi memberi energi dan kebahagiaan sebelum mengawali aktivitas nan panjang. Mulai sekarang ayo lakukan gerakan #janganlewatkankopipagi.

Foto utama dari institutefornaturalhealing.com

 

manual brew

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments
  1. Sesuai info yang saya liat di TV Ngopi dipagi hari kayaknya sih lebih sehat mulai jam 10 pagi sampai jam 12 dan jam 1 sampai jam 5 di sore hari sist ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.