TAK HANYA BIJI KOPI, DAUN KOPI JUGA KAYA MANFAAT!

Daun kopi atau lebih popular dengan sebutan kawa daun ternyata memiliki manfaat yang tak kalah dengan biji kopi itu sendiri. Mari kita seduh daun kopi juga!

KAWA daun atau daun pohon kopi memang telah menjadi minuman umum dari masyarakat Sumatera Barat dan sekitarnya selama puluhan tahun. Kawa daun menjadi minuman sehari-hari layaknya biji kopi itu sendiri. Daun kopi diseduh seperti teh dan dinikmati saat pagi dan sore hari.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa kawa daun ini ternyata memiliki kandungan nutrisi dan zat-zat baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selayaknya kopi, kawa daun juga memiliki kandungan kafein meski tak sebanyak biji kopinya. Dan hebatnya si daun kopi ini ternyata memiliki kandungan antioksidan seperti flavonoid, alkaloid, saponin, kafein, dan polifenol.

Tak hanya sampai di situ, para peneliti dari Royal Botanic Gardens asal Inggris memaparkan bahwa daun kopi mengandung senyawa yang mampu menanggulangi resiko penyakit jantung dan juga diabetes. Jadi untuk mereka yang memiliki riwayat dua penyakit yang membahayakan ini disarankan untuk menyeduh daun kopi secara rutin agar terhindar dari resikonya.

Tak cukup itu saja manfaat dari daun kopi ini, kandungan di dalamnya mengandung zat antiinflamasi yang mampu mencegah peradangan dan penyakit lainnya. Kurang-lebih daun kopi memiliki kandungan dan manfaat yang hampir sama jumlahnya dengan teh hijau hanya saja popularitasnya mungkin kalah dengan teh hijau yang sudah dari dulu melejit dan dipercaya manfaatnya kesehatan banyak orang.

Satu lagi manfaat daun kopi adalah mampu melancarkan pernapasan untuk mereka yang sering mengalami sesak dan masalah di paru-paru. Caranya pun mudah saja. Cukup dengan menyampurkan air seduhan daun kopi ini dengan jahe dan mengonsumsinya secara rutin setiap hari. Niscaya sistem pernapasan yang terganggu perlahan bisa menjadi lebih baik.

Jadi bagaimana? Masih ragu dan merasa aneh mengonsumsi air seduhan dari daun kopi?

Artikel disunting dari Daily Mail

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.