TAK HANYA KITA, SINGA RUPANYA JUGA SUKA KOPI

Pernah membayangkan ada hewan buas yang ternyata menikmati aroma kopi dan mendadak jinak karenanya? Saya tidak pernah membayangkan sampai saya membaca artikel dari Times of Israel ini.

SECANGKIR kopi memang memberikan kedamaian dan kenikmatan tak terbatas bagi peminumnya. Tak hanya rasanya, aroma kopi pun sering dijadikan aroma terapi yang memberi ketenangan untuk kita semua. Ternyata aroma kopi ini juga memberi candu pada kawanan singa. Siapa yang bisa menyangka bahwa sekawanan singa bisa mendadak takluk oleh bubuk kopi yang di tebar di habitatnya.

Adalah taman safari yang bernama Ramat Gan Safari di dekat Tel Aviv Israel yang menggunakan bubuk kopi untuk menjinakkan dan membuat rileks para singa. Pawang singa-singa itu bernama Yifta menebar bubuk kopi di atas karung goni di padang rumput yang kemudian didatangi kawanan singa. Sesaat setelah bubuk kopi ditebar para singa langsung berguling-guling di atas bubuk kopi.

Ternyata singa menyukai aroma kuat dari kopi. Mereka memiliki naluri yang kuat untuk mendatangi dan menyukai sumber dari aroma-aroma yang kuat tersebut termasuk kopi. Tak hanya perihal ‘suka’ saja singa melumuri tubuhnya dengan bubuk kopi agar mereka menyamarkan aroma tubuh mereka sendiri. Mereka melakukan ini agar musuh-musuh mereka tidak bisa membaui tubuh mereka dari kejauhan. Sehingga mereka tak terdeteksi dan aromanya tersamarkan.

Well! Saya tidak pernah melihat kawanan singa sejinak dan selucu ini sebelumnya. Saat melihat mereka berkumpul dan berguling-guling dikarenakan kopi seketika saya lupa bahwa para singa ini adalah hewan buas yang ganas. Siapa yang menyangka bahwa kopi saja bisa meluluhkan buasnya singa apalagi meluluhkan dua kepala yang sedang panas-panasnya kan ya?

Disunting dari timesofisrael.com dan sprudge.com

Foto dari awf.org

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.