TAK HANYA NIKMAT, CASCARA JUGA BAIK UNTUK KESEHATAN

Cascara atau teh dari kulit ceri buah kopi memang sudah terbukti nikmat jika diseduh. Namun tak banyak yang tahu bahwa minuman yang satu ini juga baik untuk kesehatan kita.

JUJUR saya tidak tahu menahu perihal manfaat cascara bagi kesehatan jika tidak mendengar celoteh seorang teman. Saya suka menikmati cascara karena rasanya yang segar, fruity dan memberi efek menyenangkan sesaat setelah diminum. Sebuah minuman dari ceri kopi yang begitu unik saat dinikmati.

Seorang teman mengatakan bahwa cascara ternyata bukan hanya minuman iseng yang nikmat rasanya semata. Berdasarkan riset yang dia lakukan dan kemudian saya lakukan karena penasaran akhirnya kami sepakat bahwa ternyata banyak kandungan baik yang ada di dalam cascara ini.

Setidaknya ada beberapa manfaat cascara yang sepertinya harus kamu ketahui yang pertama adalah cascara ternyata mengandung antioksidan yang tinggi sekali. Hampir mirip dengan blueberries dan cranberries, ternyata cascara memiliki kandungan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Bahkan dalam lazybeartea.com dikatakan bahwa cascara memiliki kandungan antioksidan yang hampir sama besar seperti teh hijau!

Kedua, cascara secara natural memberikan energi sama efektifnya seperti meneguk secangkir kopi. Meski rasa, warna dan aroma dari kopi dan cascara sama sekali berbeda, harus kamu ketahui bahwa keduanya adalah sama-sama kopi. Maka keduanya memang memiliki kemampuan memberi energi bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Kandungan kafein pun hampir sama besar antara keduanya. Mengonsumsi cascara sebelum memulai hari mampu menstimulus semangatmu untuk menjalani kesibukan setiap hari.

Ketika, cascara mampu menjaga kesehatan mental dan hal-hal yang memengaruhi sel saraf manusia. Menurut British Journal of Nutrion, cascara mendukung meningkatkan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak. Dan faktor neurotropik ini berkaitan dengan fungsi memori manusia. Jadi dengan mengonsumsi cascara berarti kesehatan pada otakmu setingkat lebih terjaga. Luar biasa ya!

Selain itu, faktor keempat lainnya dari cascara adalah benda yang satu ini memiliki kandungan potasium yang tinggi, malah lebih tinggi dari pisang. Seperti diketahi bahwa potasium adalah salah satu mineral yang sangat dibutuhkan tubuh manusia yang mampu menjaga sistem imun tubuh, mengontrol tekanan darah, menyehatkan tulang dan menstabilkan denyut jantung.

Nah, sudah tahu kan manfaat dari cascara? Buat yang belum pernah coba jangan ragu untuk menikmati segarnya cascara ini ya!

 

Foto utama dari freshcup.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.