TAMPER YANG SERING DIGUNAKAN BARISTA

Semakin berkembangnya era perkopian, banyak sekali ragam peralatan kopi yang diproduksi untuk memudahkan seseorang menciptakan sajian kopi yang otentik menurutnya, begitu juga tamper yang digunakan oleh barista banyak sekali ragamnya.

TAMPER merupakan salah satu perlengkapan yang terpenting untuk dimiliki seorang barista dalam membuat sajian kopi. Tanpa tamper membuat espresso pada mesin espresso manual tidaklah mungkin, bahkan menggunakan tamper pun barista harus memiliki kemampuan agar penekanan tamper sesuai keinginan sehingga dapat menghasilkan espresso yang konsisten. Sekilas cara kerja membuat espresso menggunakan mesin espresso, memang menitik beratkan pada “shot” air seduhan yang ditembakkan ke bubuk kopi yang dipadatkan dengan bantuan tamper.

Lalu jika tamper berguna untuk memadatkan bubuk kopi pada portafilter, mengapa banyak sekali ragam tamper yang ada. Hal ini menjelaskan, bahwa perbedaan tamper yang didesain adalah untuk memudahkan barista menemukan gaya tampingnya sendiri. Karena tiap barista tentu berbeda cara tamping untuk membuat espresso. Sekilas tentang jenis tamper yang sering digunakan barista untuk membuat sajian kopi menggunakan espresso base.

credit: tecnora

Tamper Normal
Umumnya bentuk tamper terdiri dari dasar tamper dan pegangan tamper untuk memudahkan barista ketika tamper. Tamper itu sendiri terdiri 2 dasar yang berbeda sesuai kebutuhan barista untuk tamping bubuk kopi mereka, dasar yang datar dan dasar yang cembung. Tamper yang biasa digunakan oleh para barista memiliki desain pegangan terbuat dari kayu atau pun yang langsung menyatu langsung pada dasar tampernya. Namun untuk menggunakan tamper yang normal, harus memerlukan keahlian khusus dan pengalaman tentunya. Sebab, jika pada awal distribusi bubuk kopi pada filter basket tidak baik, tamping tidak padat rata sehingga ekstraksi tidak mengenai bubuk kopi secara menyeluruh. Normal tamper seperti Pullman Tamper sangat banyak digunakan karena tersedia bermacam desain pegangan yang menarik. Tamper lainnya seperti Motta Tamper dan Yami Tamper juga banyak dicari barista perbedaan yang menjadi pilihan adalah desain pegangan yang ditawarkan dari ketiga tamper tersebut.

credit: baristawarehouse.com.au

Tamper Yang Bisa Diatur
Jika tamper normal bergantung pada keahlian barista ketika melakukan tamping, tamper yang bisa diatur sangat membuat pekerjaan barista menjadi mudah. Sehingga tidak perlu keahlian yang luar biasa, hanya perlu pengaturan tamping diawal maka seterusnya baritsa bisa membuat tamping yang presisi secara konsisten. Sangat mungkin sajian espresso yang dihasilkan menggunakan tamper yang bisa diatur menjadi konsisten untuk sajian espresso selanjutnya. Dengan tamper jenis ini, barista bisa mengatur seberapa dalam tamping kita pada bubuk kopi. Tamper jenis ini seperti tamper Pesado with Depth Adjuster, Levy Tamper Walnut dan Macarons Coffee Tamper

credit: puqpress

Mesin Tamper Automatis
Proses tamping menggunakan mesin tamper automatis umumnya akan memberikan tamping yang akurat dan presisi sehingga seduhan espresso sangat nikmat dan konsisten. Seberapa pun takaran yang digunakan untuk membuat espresso, dengan mesin tamper automatis tekanan yang dihasilkan sangat sesuai dan konstan karena mesin tamper automatis akan melakukan tamping secara merata. Mesin tamper automatis seperti PUQPRESS M1 Under Grinder Tamper sangat dicari business owner untuk keperluan komersil, dan lagi bagian atas Puqpress bisa diletakan mesin grinder sehingga tidak berjauhan ketika akan tamping.

img: bettercoffeeathome.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.