TANAMAN HIAS DENGAN POHON KOPI!

Musim tanaman hijau membuat banyak orang berlomba-lomba untuk membuat sudut hijau di rumahnya. Tapi tahukah kamu bahwa tanaman hiasmu bisa menggunakan pohon kopi juga?

SETIDAKNYA saya sendiri melakukannya. Saya terinspirasi dari salah satu kedai kopi di Medan yang menggunakan pohon kopi ukuran kecil yang ditanam di dalam pot menjadi tanaman hias di aneka sudut kedainya. Pohon-pohon kopi kecil ini awalnya adalah bibit kopi yang tumbuh di pot. Sang pemilik kedai kopi mengaku bahwa dia mendapatkan tanaman kopi yang dia sulap jadi tanaman hias ini dari toko tanaman yang menjadi langganannya. “Saya awalnya pengin ada pohon kopi di kedai. Cuma kan belum tentu bisa tumbuh subur karena ketinggian dan iklimnya beda. Jadi memutuskan untuk meletakkan tanaman kopi dalam pot saja. Hitung-hitung jadi menyejukkan kedai,” paparnya.

credit : spruce

Tanaman hias dari bibit kopi di kedai kopi itu hebatnya menghasilkan satu dua ceri kopi. Ya meski tentu tak bisa disangrai karena sedikit sekali buahnya. Berdasarkan itu saya pun melakukan hal yang sama. Ya, meski hanya dua pot saja. Saya pergi ke Dataran Tinggi Karo di Sumatera Utara. Di sana ada pembibitan kopi. Maka saya membeli dua bibit kopinya tapi tidak diperbolehkan sama yang punya. Malah dikasih gratis. Jadilah dua bibit kopi ini saya tanam di pot dan hingga hari ini masih tumbuh meski tak berbuah.

Cukup indah menemani sudut ruangan dan perawatannya pun mudah sekali. Tinggal diletakkan di sinar matahari yang tidak terlalu terik dan disiram dua hari sekali. Daunnya akan senantiasa segar dan bertumbuh. Cocok bersanding dengan aneka tanaman hias lainnya, kok.

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.