TANAMAN KOPI UNTUK TANAMAN HIAS DI RUMAH, MENGAPA TIDAK

Pernahkah berandai untuk memiliki tanaman kopi sendiri di rumah.

TERNYATA untuk menanam kopi di rumah sangat mungkin di lakukan, jika selama ini menganggap tanaman kopi hanya bisa tumbuh di luar rumah, maka setidaknya beberapa orang telah berhasil menanam tanaman kopi di rumahnya. Memiliki tanaman kopi sendiri, merawat dan menumbuhkannya di rumah, bisa jadi merupakan impian tiap penikmat kopi. Hanya saja tanaman kopi adalah tanaman yang bisa tumbuh tinggi, sehingga harus ditanam di luar rumah. Namun faktanya, tanaman kopi bisa dijadikan tanaman hias di suduh rumah di bawah jendela, dengan nutrisi yang cukup dan sinar matahari yang cukup, tanaman kopi bisa tumbuh di dalam rumah.

Menanam sendiri tanaman kopi di rumah sangat bermanfaat untuk seseorang, belajar memahami bagaimana pekerjaan para petani kopi yang mendedikasikan diri mereka untuk hasil kopi yang berkualitas. Setidaknya, akan membuat seseorang lebih menghargai tiap secangkir kopi yang mereka minum hari ini. Tentunya, perawatan dari tanaman kopi tidaklah mudah, tapi untuk tanaman kopi yang tumbuh di dalam rumah cukuplah dengan perawatan yang sederhana dan relatif santai. Karena, tanaman kopi termasuk salah satu tanaman tangguh, tidak perlu khawatir jika tidak mengerti perihal berkebun.

Mungkin yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara mendapatkan bibit kopi untuk di tanam di rumah. Ada dua langkah awal untuk menanam kopi di rumah, menumbuhkan kecambah sendiri atau mudahnya beli bibit kopi. Ada dua cara mendapatkan biji kopi yang sesuai untuk dijadikan kecambah, menemui petani kopi dan meminta beberapa gabah kopi, atau membeli green bean yang jangka panennya tidak terlalu lama. Tapi, untuk menghemat waktu dan tenaga, baiknya cari saja di penjual bibit kopi. Umumnya bibit kopi berukuran 10-15cm, sudah memiliki daun dan ditanam di polibag, jadi sangat mudah untuk memindahkannya ke pot untuk di rumah.

credit: deathwishcoffee.com

Baiknya, setelah bibit kopi dipindahkan ke pot kecil, letakkan di dekat jendela atau ruangan yang terkena cahaya matahari, namun bukan cahaya matahari langsung. Perawatan sederhananya, berikan air pada tanaman kopi secukupnya agar tanah tetap lembab, tapi jangan sampai tanah tenggelam dengan air. Pastikan air di dalam pot cukup untuk nutrisi tanaman kopi. Jika tanaman kopi sudah dirasa tumbuh tinggi dan pot tidak sesuai lagi baiknya pindahkan ke pot yang lebih besar, agar akar dari tanaman kopi lebih leluasa menerima nutrisi dari tanah di pot.

Namun ketika tanaman kopi sudah sangat tinggi dan dirasa sudah tidak lagi sesuai untuk ditanam di dalam pot di ruang rumah, baiknya pindahkan ke halaman rumah. Dengan perawatan dan penyiraman air yang cukup, serta ruangan yang tepat, tanaman kopi bisa tumbuh stabil. Beberapa varietas kopi bisa tumbuh hingga 2 meter dalam kurun waktu 3 hingga 5 tahun. Maka, tanaman kopi hanya bisa menjadi tanaman hias tergantung dari seberapa tinggi dia tumbuh, jika dirasa sudah terlalu tinggi untuk menghiasi rumah, pindahkan ke halaman rumah. Pernahkah, kamu menanam kopi di rumah?

src: deathwishcoffee.com img: thesprudge

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.