Cafe & Travel Indonesia Java

TANAMERA COFFEE: “RUMAH PARA PENGOPI”


Tak sekedar kedai kopi biasa, Tanamera Coffee adalah ‘tempat pulangnya’ mereka yang mendamba asupan kafein dalam teguk-teguk penuh cerita.

Seperti asal mula namanya yang berarti ‘tanah merah’ yang merupakan cerminan dari tanah Indonesia yang dengan luar biasa mampu menghasilkan kopi-kopi terbaik, Tanamera Coffee adalah ‘rumah’ yang mampu menjadi tempat pulang mereka yang rindu akan secangkir kopi hangat dengan cita rasa terbaik. Saya mendengar banyak sekali berita baik yang dikirimkan teman-teman saya yang mencintai kopi dari tempat ini. Sayang, jarak juga yang tak memungkinkan saya bertandang untuk mencicipi kopi nikmat dari sebuah kedai kopi artisan.

SAMSUNG CSC

Sampai kemarin waktu dan kesempatan berpihak pada saya. Riuh, macet dan panasnya Jakarta saya tempuh dengan riang gembira: hari ini saya pergi ke Tanamera! Buat orang yang tinggal di luar Jakarta, kesempatan melipir ke kedai kopi terbaik di kotanya adalah kesempatan yang lebih dari sekedar emas. Waktu itu Tanamera masih terdiri dari satu gerai yaitu beralamat di Thamrin City Office Park, Jalan Kebun Kacang Raya. Tanamera Coffee terlihat mencolok dengan ruko berwarna hitam dengan tulisan merahnya. Tak terlalu sulit ditemukan. Coffee shop ini tak terlalu luas, oleh karena itu mata saya dengan mudah menjalari setiap sudut ruangan dengan buas.

Setelah memilih tempat duduk paling nyaman, kini saatnya membolak-balik menunya. Tanamera Coffee menyangrai kopi mereka sendiri dan inilah yang membuat saya berbahagia. Karena menurut saya kedai kopi yang menyangrai kopi mereka sendiri pasti menyajikan kopi nikmat dan terjaga kesegarannya. Papua Wamena dengan manual brewing pour over menjadi pilihan siang itu. Papua Wamena yang satu ini memiliki fruitness, body dan acidity dalam sekali teguk. Kenikmatan bertambah dua kali lipat karena saya melihat prosesnya sambil berbincang dengan baristanya.

Tak hanya memesan satu jenis minuman kopi, saya juga memesan piccolo latte. Maklum, saya senang sekali membandingkan dua jenis minuman kopi jika mampir ke kedai kopi, yang satu manual brew dan satu lagi dari espresso machine. Di Tanamera dua-duanya memberi kesan yang luar biasa. Kedua kopi ini nikmat sampai bikin saya senyum-senyum bahagia. Karena nongkrongnya bareng tiga teman yang lain, saya juga sempat mencicipi affogato dan rolls sandwich yang saya lupa namanya tapi tidak saya lupa rasanya. Asli enak banget!

Pengalaman saya ngopi di Tanamera Coffee ternyata sama dengan pengalaman orang-orang yang pernah mampir ke tempat ini, bahkan mungkin lebih. Jika mereka bilang Tanamera adalah rumah bagi pecinta kopi, maka buat saya coffee shop ini adalah kampung halaman, tempat kerinduan akan kopi dan makanan enak yang dibalut keramahan berpadu jadi satu dan akan selalu memanggil-manggil dalam kenangan. Jika suatu hari nanti saya kembali ke Jakarta, Tanamera Coffee adalah sebuah destinasi ngopi yang tak mungkin saya lewatkan.

 

Tanamera Coffee

Thamrin City Office Park,

Jalan Kebun Kacang Raya Blok AA07

Jakarta 10230

4-1

14,269 total views, 11 views today

You Might Also Like

1 Comment

  • Reply
    Andre
    September 18, 2015 at 1:20 pm

    Nice place, great coffee..

  • Leave a Reply