TARUKO CAFÉ & RESTO : SENSASI NGOPI DI DASAR LEMBAH

Coba bayangkan secangkir kopi nikmat dalam genggaman sambil mata dimanjakan oleh hijau pemandangan yang berlapis-lapis di sekitar? Semuanya bisa kamu rasakan di Taruko Café Bukittinggi.

Taruko Cafe yang di kelilingi ngarai memang tempat yang pas untuk bersantai.
Taruko Cafe yang di kelilingi ngarai memang tempat yang pas untuk bersantai.

SAAT saya iseng bertanya kepada teman-teman di Twitter soal kedai kopi yang harus saya kunjungi di Bukittinggi, banyak yang merekomendasikan Taruko Café & Resto. Saya pun langsung mencari tahu di situs pencarian soal tempat yang satu ini. Eh benar saja, kedai kopi ini adalah seindah-indahnya tempat ngopi yang tak mungkin saya lewatnya. Karena setelah ke sana pengalaman yang didapat benar-benar tak terlupakan.

Bukit yang mengadap langsung ke Taruko Cafe.
Bukit yang mengadap langsung ke Taruko Cafe.

Sesampainya di Bukittinggi saya pun bertanya tentang dimana sebenarnya lokasi Taruko Café & Resto yang tersohor itu. Rupa-rupanya cukup jauh dari kota. Mungkin kira-kira sekitar 15 sampai 20 menitan. Untung ada Nico dan Gorky yang bersedia mengantar saya ke Taruko Café. Jalan menuju tempat ini ternyata cukup ajaib juga. Untuk menuju ke sana yang berada di dasar lembah yang masih merupakan gugusan Ngarai Sianok dan Tabiang Takuruang kendaraan kami harus menuruni jalan-jalan berbatu. Dari atas ke bawah dan sedikit berkelok-kelok. Kiri kanan pemandangan sungguh membuat mata segar. Jalan menuju ke sana saja sudah membuat bahagia, bagaimana lagi jika sudah sampai ke sana. Ah!

Interior Taruko Cafe yang terbuka memungkinkan sepoi angin menyapa ramah.
Interior Taruko Cafe yang terbuka memungkinkan sepoi angin menyapa ramah.

Mobil berhenti di sebuah jalan kecil yang sudah banyak berjejer mobil-mobil pengunjung lainnya. Taruko Café & Resto adalah sebuah tempat makan dan tempat ngopi yang berada di dasar ngarai dengan sungai berbatu dan hijau tebing yang memeluk sekelilingnya. Interiornya berbentuk ruangan terbuka sehingga angin bisa masuk berhembus bebas. Saat itu pengunjung sedang ramai-ramainya. Di sudut kanan live music akustik menambah harmoni yang menyenangkan. 360 derajat dari kafe ini adalah kehijauan yang berlapis. Indah bukan main.

Musik akustik yang menambah ngopi jadi lebih asik.
Musik akustik yang menambah ngopi jadi lebih asik.

Karena sudah siang, maka saatnya memasuki ibadah ngopi. Saya memesan Taruko Coffee yang ternyata adalah kopi tubruk hitam pekat khas seduhan kakek nenek kita nan tradisional. Seketika serasa kembali ke masa kecil. Secangkir kopi tubruk dengan pemandangan desa adalah déjà vu yang tentunya menghadirkan rindu. Selain Taruko Coffee, ada beberapa menu kopi lainnya, mulai dari black coffee hingga espresso base. Tapi saya tidak melihat menu manual brew di sini. Mungkin Taruko Café & Resto lebih tepat dikatakan kafe ketimbang coffee shop.

Secangkir Taruko Coffee, semacam kopi tubruk yang nikmatnya bukan main.
Secangkir Taruko Coffee, semacam kopi tubruk yang nikmatnya bukan main.

Tak hanya kopi, saya juga memesan Nasi Dendeng Batokok. Ke Ranah Minang tanpa mencicipi dendeng tentu tak lengkap rasanya. Dendeng renyah, gurih dan pedas menghadirkan keringat meski siang itu udara tidak sedang panas. Nikmatnya! Meski tempatnya cukup banyak turis, Taruko Café & Resto ternyata bukanlah tempat yang menu makanan dan minumannya mahal selangit. Semua harganya standar dan wajar. Malah murah menurut saja kalau mengingat sepaket pemandangan yang dia berikan.

Dendeng Batokok untuk siang lebih kenyang.
Dendeng Batokok untuk siang lebih kenyang.

Intinya, Taruko Café & Resto adalah sebuah destinasi kuliner dan kopi yang tak boleh kalian lewatkan jika mampir ke Bukittinggi. Kapan lagi bisa makan dan minum dengan pemandangan yang membuat hati bahagia, paru-paru lega dan juga perut gembira? Saya saja masing ingin kembali lagi karena merasa tak puas berlama-lama dikunjungan pertama.

cari-kopi

 

 

2,484 total views, 26 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

3 Comments
  1. Baru dapet kesempatan nyobain kopi dsini. Hasilnya jauh dr ekspektasi, tp kalo tempat & suasananya FANTASTISSS bgt.

Leave a Reply

Your email address will not be published.