TEKODEKO KOFFIEHUIS SEMARANG

Kopi Tekodeko merupakan persinggahan wajib jika sedang mengunjungi kawasan kota lama di Semarang.

HARI itu malam tidak lagi pernah sunyi, entah kesibukan kerja yang kian hari menguntit atau riuh di dalam pikiran tidak tau kapan berakhir. Kami pun seperti seorang pengelana di malam hari, dan mendaratkan kaki di kawasan kota lama Semarang. Setelah siangnya berkutat dengan hal meliburkan suasana kerja sejenak, kemudian malam seperti dihantui hari senin yang tiba-tiba menyapa lembut. Namun, sebentar saja ketika melintas di kedai kopi Tekodeko, kami terpanggil dan tersadar bahwa liburan masih panjang, lalu melangkah mantap untuk menjajal racikan sajian kopi di sini.

Beruntunglah kota Semarang memiliki Tekodeko Koffiehuis untuk memanjakan kebutuhan minum kopi banyak orang, saya pun dengan teman mulai dimanjakan dengan aroma kopi dan suasana di kedai kopi ini sejak melewati pintu kedai kopi ini. Langsung disapa akrab oleh dekorasi bernuansa klasik, tidak heran penamaannya menjadi khas dari interior yang ada di Tekodeko (teko: kettle, deko: dekorasi). Mesin kopi dan mesin penggiling kopi sangat kontras dengan warna merah, sehingga mata langsung menuju ke meja bar, tanpa sadar kami sudah berdiri di depan meja bar untuk memesan sajian kopi di Tekodeko.

Malam itu, penikmat sajian kopi Tekodeko bukan kami saja, sudah ramai orang melakukan ritual minum kopi di sini. Ada yang menyendiri dengan sajian kopinya, ada juga yang saling berbual seru sembari meneguk sajian kopi favorit mereka. Kami menunggu pesanan datang, dan mengamati suasana di kedai kopi, seperti menikmati drama klasik sajian kopi dan para penikmatnya.

Kami memutuskan untuk mencoba sajian kopi yang tidak terlalu kuat, agar malam tidak terlalu panjang dan bisa beristirahat menyambung aktifitas esoknya di kota ini. Kopi susu pun menjadi pilihan menarik untuk menikmati sisa malam itu.

Memang benar adanya, bahwa kopi susu selalu akrab dengan siapa pun, saya pesan yang dingin dan teman saya pesan yang panas. Kopi susu yang dibuat dari espresso sebagai dasarnya dan susu untuk menjadikan sajian kopi ini nyaman untuk siapa pun. Namun ada memadukan bahan lain lagi, seperti gula aren mungkin memberikan kesan rindu dari karakter rasa yang diteguk.

Setelah tiap teguk kopi susu habis dalam sekali duduk, kami mengakhiri kelana sajian kopi ini, dan berbaur lagi di jalanan seperti melanjutkan ekspedisi.

Paling menarik dari kedai kopi ini, adalah dekorasi yang menghiasi seluruh ruangnya, seperti berkelana ke masa lalu, kami layaknya rekreasi melihat sekeliling bak turis. Menurut beberapa orang teman yang merekomendasikan kedai kopi ini, waktu terbaik mengunjungi Tekodeko ketika sore. Di mana lantai 2 dari kedai kopi ini menampilkan daya tariknya, jika lantai satu bertemakan dekorasi klasik maka lantai dua bertemakan taman.

Tekodeko Koffiehuis
Jl. Letjen Suprapto No.44
Tj. Mas, Kec. Semarang Utara
Kota Semarang, Jawa Tengah 50174

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.