TEMUKAN RASIO KOPI TERBAIKMU UNTUK SEDUH KOPI SENDIRI

Banyak sekali manfaat untuk seseorang yang hobi seduh kopi sendiri, selain lebih hemat daripada ngopi di kedai kopi pasti dengan seduh kopi sendiri seseorang akan terbiasa lebih teliti karena menyeduh kopi butuh fokus untuk membuat kopi yang nikmat.

UNTUK kita para pengopi pemula mendengar kata “rasio kopi” sungguh terkesan sangat ilmiah, dan akan terasa sulit untuk dipelajari. Izinkan saya menyampaikannya secara sederhana, walau pun hanya sekilas tentang teori rasio kopi tapi akan membantu kita untuk mengeksplorasi perbedaan rasa di tiap seduh kopi kita. Tahap awal buat kopi dengan nikmat, tentu harus memahami teori rasio kopi, variabel dari rasio kopi dapat membantu memanipulasi karakter rasa seperti apa yang diinginkan.

KOPI DAN AIR SEDUHAN
Dulu kopi diseduh hanya berdasarkan insting, seberapa banyak bubuk kopi yang digunakan dan seberapa banyak air yang digunakan tidak terlalu teliti mengukurnya. Malahan, hanya volume cangkir yang menjadi indikator alat ukur, padahal tiap cangkir berbeda bentuk berbeda pula volumenya. Tapi kini, semakin serius kopi diseduh semakin menarik rasa yang ditawarkan secangkir kopi kita.

Rasio kopi merupakan titik ukur seberapa gramasi bubuk kopi dan air seduhan yang digunakan untuk saling mempengaruhi satu sama lainnya. Jika pernah mendengar “Golden Ratio“, jangan salah sangka dulu karena golden ratio bukan sebuah ketetapan bahwa kita harus menggunakan rasio tersebut di setiap sajian kopi kita. Golden Ratio hanya bersifat saran yang diterbitkan oleh SCAA (Specialty Coffee Association of America) dan telah dikembangkan sehingga menjadi standarisasi seduh kopi yang nikmat. Golden ratio menyeduh kopi pada rasio 1:18 yang maknanya 1gram bubuk kopi untuk 18ml air seduhan yang digunakan.

Bukan berarti kita tidak bisa menggunakan rasio 1:12 atau 1:14 ketika seduh kopi sendiri, malahan beda alat kopi yang digunakan dengan jumlah sajian kopi yang sama rasio optimal untuk masing-masing alat kopi berbeda.

credit: acaia.co

VARIABEL RASIO KOPI
Untuk menemukan rasio kopi yang sesuah untuk seduh kopi sendiri di rumah, bukan perkara mudah tapi juga tidak terlalu sulit, hanya butuh latihan sesering mungkin dan harus punya scale sendiri apa pun alat kopinya. Dengan scale kita dapat dengan mudah meneksplorasi perbedaan tiap rasio kopi ketika diseduh. Bukan hanya rasio kopi yang memanipulasi karakter rasa yang terekstraksi, variabel lain seperti gilingan kopi, suhu air dan juga waktu seduh, ketiga hal ini memberikan sentuhan rasa yang berbeda.

Gilingan kopi, sebelum menyeduh kopi pastikan menggunakan bubuk kopi yang baru saja digiling, sebab bubuk kopi yang baru saja digiling rasa dari kopi akan terekstraksi optimal. Biji kopi yang digunakan pun jangan sampai terpapar udara berlebih karena dapat mengubah rasa dari kopi. Tiap ukuran bubuk kopi yang digunakan juga memberikan kesan yang berbeda di tiap seduhannya.

Suhu air, bubuk kopi yang diekstraksi melalui air seduhan akan merespon suhu pada air, air yang terlalu dingin tidak mampu mengeluarkan rasa secara optimal sedangkan air terlalu panas akan menyebabkan rasa kopi terdegradasi. Rentang suhu air yang dianjurkan sekitar 90 – 96°, variasi tergantung alat kopi yang kita gunakan.

Waktu seduh, berapa lama air seduhan bertemu dengan bubuk kopi merupakan waktu seduh yang mana bubuk kopi akan terekstraksi. Tiap alat kopi memiliki waktu seduh yang bervariasi, seperti French Press sekitar 2-4 menit tergantung cara menekannya atau alat kopi yang menggunakan dripper biasanya sekitar 5 menit untuk bubuk kopi dialiri air seduhan.

Temukan rasio kopi favoritmu untuk seduh kopi sendiri.

src: coffeebrewguides.com kingscoastcoffee.com img: flickr

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.