TENTANG GROUP HEAD E61 MESIN ESPRESSO

Mesin espresso yang kita kenal ternyata memiliki sebuah rahasia, secara sederhana tiap orang tau bahwa mesin espresso menyajikan minuman espresso yang nikmat. Sedikit yang mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di dalam group head hingga dapat menciptakan sajian espresso dengan crema yang sempurna.

GROUP head juga dikenal dengan sebutan “brew group” atau “brew head“, merupakan bagian terpenting dari mesin espresso yang memiliki peran untuk menghasilkan espresso. Mesin espresso sendiri terdiri dari beberapa bagian yang tampak dari luar mesin seperti portafilter, spout, steam wand, dan banyak lagi. Dari bagian-bagian mesin espresso ini semua memberikan peranan, yang nantinya mempertemukan air panas dengan bubuk kopi pada bagian group head. Group head adalah sebuah pintu yang mempertemukan air panas dari water boiler dengan bubuk kopi yang sudah disteam presisi di portafilter, yang nantinya mengekstraksi kopi dan keluar menuju spout langsung ke cangkir.

Bagian luar group head terdiri dari group gasket dan group screen, kedua bagian ini memastikan proses berjalan lancar ketika ekstraksi bubuk kopi ketika dilalui air panas. Kedua bagian ini juga yang harus sering dilakukan perawatan agar tidak ada residu yang tertinggal dari sajian sebelumnya. Jika saat membuat espresso ada air yang bocor terkeluar mungkin sudah saatnya mengganti group gasket atau jangan-jangan pemasangan portafilternya yang kurang pas. Group screen sendiri menjaga agar air panas mengalir secara optimal.

Tiap mesin espresso tidak ada perbedaan mengenai alur proses pembuatan secangkir espresso. Beberapa hal yang membedakannya biasanya terletak pada kebutuhan akan mesin espresso itu sendiri. Apakah itu mesin espresso manual, semi-automatic, atau pun mesin espresso automatic secara garis besar sama. Tapi sedikit ada yang berbeda mengenai group head, ada mesin espresso yang memiliki 2 group head dan ada juga yang hanya memiliki 1 group head. Bukan hanya itu bagian dalam mesin espresso juga ada yang berbeda apakah itu menggunakan single boiler, single boiler dengan heat exchanger ataupun double boiler.

credit: knowyourgrinder.com

Rahasia dibalik Brew Head E61

Bisa dibilang saturated group head merupakan versi terkini dari reka desain group head. Namun jauh sebelum desain saturated group head diciptakan, banyak dijumpai mesin espresso dengan E61 group head. Saturated group head diciptakan untuk menjawab versi terdahulu group head E61 yang terkadang tidak selalu stabil untuk menjaga suhu air. Sebabnya saturated group head menyatu dengan boiler agar suhu air pada boiler sama dengan suhu air yang keluar menuju shower screen.

Tapi kini, dengan modifikasi group head E61 mampu mengimbangi kemampuan saturated brew head. Mengapa banyak produksi mesin espresso menggunakan group head E61, jawabannya saturated group head merupakan teknologi yang tidak murah, sehingga untuk memenuhi perminataan mesin espresso yang terjangkau maka dialihkan ke group head E61. Terlebih lagi tidak semua mesin espresso menerapkan teknologi saturated group head setau kami hanya mesin merek La Marzocco dan Slayer saja.

Perbedaan yang sangat jelas adalah bagian E61 group head tidak menyatu dengan boiler dan dengan bantuan selang khusus untuk mengaliri air panas dari boiler. Pada saturated group head yang merupakan teknologi terbaru ini, fiturnya menyatu dengan boiler dan harganya cukup mahal sebabnya untuk permintaan pasa tidak terlalu banyak. Dan biasanya saturated group head hanya bisa dioperasikan dengan mesin espresso yang terpisah steam boiler dan brew boiler-nya. Mesin espresso paling populer yang sedang diproduksi mesin espresso dengan single boiler dan heat exchange, dan paling sesuai menerapkan E61 group head pada mesin espresso tersebut.

credit: coffeetime

Kilas Sejarah Brew Head E61

Group head ini diciptakan pada tahun 1961 oleh Ernesto Valente dan pertama kali hadir diterapkan di mesin espresso Faema E61. Yang membuat ini menarik, secara kebetulan penamaan E61 sama dengan penamaan fenomena gerhana matahari total di tahun 1961.

E61 group head kini sudah banyak mengalami modifikasi, pada masa awalnya E61 group head original ini tidak terlepas dari fitur thermal inertia, thermosyphon heating circuit dan passive pre-infusion.

Thermal inertia merupakan lapisan krom sekitar 4kg, yang memberikan pengaruh untuk menstabilkan temperatur karena dengan lapisan krom ini tidak terlalu mudah dipengaruhi atas naik turunnya suhu. Thermosyphon heating circuit membantu sirkulasi aliran air untuk lanjut ke group head untuk selanjutnya mengaliri bubuk kopi. Passive pre-infusion ini mengacu pada air yang mengalir ketika bertemu dengan bubuk kopi, mengelolah tekanan untuk brew espresso untuk jangka waktu tertentu. Beberapa fitur ini terkadang dihilangkan atau ditingkatkan untuk memodifikasi E61 group head agar sesuai pada rekaan desain boiler.

Untuk permintaan pasar di seluruh dunia, yang paling banyak menggunakan mesin espresso yang didukung fitur E61 group head karena produkan sekarang kemampuannya dapat mengimbangi saturated group head menstabilkan temperatur, dan lagi jika mesin espresso tersebut menggunakan double boiler maka dapat mengoptimalkan ekstrasi pada bubuk kopi. Sangat memudahkan barista yang belum mengetahui dasar-dasar espresso untuk membuat sajian espresso yang nikmat.

src: thespruce.com fivesenses.com.au img: coffeesnob.com.au

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.