TENTANG KOPI TARIK DAN CARA MEMBUATNYA DI RUMAH

Ini dia yang bikin selalu kangen minum kopi dengan cara tradisional, satu lagi metode seduh kopi yang bisa kamu buat di rumah.

MEMBUAT secangkir kopi nikmat dengan cara seduh French Press, V60, Aeropress, sudah umum sering digunakan di kedai-kedai kopi manual bahkan di rumah. Nah, jika ingin sesuatu yang baru coba membuat sajian kopi dengan cara tradisional, pasti penasaran langkah demi Langkah untuk membuat sajian kopi nikmat. Kopi Tarik, istilah unik ini mengacuh pada cara bagaimana kopi diseduh.

Kopi tarik tergolong pada sajian kopi susu, dan biasanya menggunakan kopi yang memiliki karakter rasa kuat sehingga sesuai dipadukan dengan susu. Susunya pun sangat umum menggunakan susu kental manis, tapi tidak ada salahnya jika kamu ingin eksplorasi menggunakan susu lain seperti UHT, susu almond atau pun soya.

Umum dikenal kopi tarik berasal dari Aceh, bahkan beberapa kedai kopi tradisional hanya fokus pada sajian kopi tarik. Bubuk kopi yang digunakan merupakan gilingan bubuk kopi kasar, dan diseduh dengan cara merebus bubuk kopi layaknya metode coffee cowboy. Dari sini metode penyajian dengan cara ditarik memiliki variasi, namun yang memiliki kesamaan secara umum ketika kopi dituang meninggi dan bercampur dengan susu.

Cara Membuat Kopi Tarik

Bahan

  • Bubuk kopi (gilingan kopi disesuaikan)
  • Gula Aren Cair (Brown Sugar)
  • Susu SKM
  • 2 Cangkir Besar

Cara Buat

  1. Persiapan sajian kopi, direkomendasikan untuk menggunakan kopi yang berkarakter kuat sepeti hasil sajian kopi dengan Moka Pot, atau pun direbus layaknya cowboy coffee dan kemudian disaring.
  2. Campurkan susu SKM ke salah satu cangkir besar, dan masukkan kopi yang sudah dipersiapkan, pegang cangkir dengan masing-masing cangkir di tangan kiri dan kanan
  3. Selanjutnya, tuang cangkir besar yang berisi kopi ke cangkir yang kosong dengan Gerakan meninggi, sehingga kopi yang dituang layaknya teraduk.
  4. Lakukan gerakan menuang kopi dari cangkir berisi ke cangkir kosong beberapa kali hingga dirasa sudah cukup dan tekstur kopi mulai menciptakan buih busa yang membangkitkan selera.
  5. Sajian kopi tarik siap untuk dinikmati dan disajikan.

Langkah demi langkah dan bahan yang digunakan bisa kamu sesuaikan dengan cara ternyaman kamu untuk melakukan metode seduh tradisional kopi tarik ini. Selamat mencoba dan menikmati hasil sajian kopi tarik buatan kamu sendiri. Pernahkah kamu membuat sajian kopi dengan metode tradisional satu ini, bagaimana pengalaman kamu, yuk berbagi di sini.

gambar utama, honestcooking.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.