TENTANG KOPI YANG MENCEGAH KERUTAN

Kopi yang kita candu ini sudah sejak lama terbukti baik untuk tubuh. Tak hanya memberi manfaat dari dalam, tapi juga luar.

ADA banyak sekali produk kecantikan yang memercayakan formulanya dari kopi. Handbody, masker, scrub, hair scrub, penyehat kuku, foot cream dan banyak lagi. Tapi tahukah kamu apa yang sebenarnya membuat kopi sedemikian ampuhnya untuk merawat kulit, kuku dan rambut kita? Jawabannya salah satunya adalah kandungan antioksidan yang ada di dalamnya.

Si antioksidan ini memang sudah ada di dalam kopi. Sama seperti kafein, antioksidan berdiam diri dan jika diaplikasikan ke kulit (dan bagian tubuh lain yang memerlukan perawatan) dengan cara yang benar akan memberi manfaat baik bagi kulit kita. Salah satunya adalah mencegah kemunculan kerutan pada wajah.

Kerutan pada wajah muncul dikarenakan usia, polusi, sinar ultraviolet dan banyak faktor luar lainnya. Si antioksidan ini terbukti bekerja memperbaiki sel kulit dan menyebabkan kerutan enggan datang. Jadi semua produk kecantikan yang menggunakan kopi memanfaatkan antioksidan yang baik untuk kulitmu.

Lalu apakah antioksidan bisa ditemukan dalam ampas kopi dan sisa seduh seperti yang selama ini diseru-serukan? Jawabannya bisa. Ampas kopi sisa seduhmu itu mengandung antioksidan yang bisa diaplikasikan pada kuliat. Menurut penelitian Royal Society of Chemistry, ampas kopi dari espresso mengandung antioksidan lebih tinggi dari ampas kopi sisa seduh metode lain.

 

Foto dari osu.edu

Selain ampas kopi espresso, ampas kopi dari sisa seduh manual seperti pour over, Chemex, Aeropress dan french press juga lumayan kandungan antioksidannya. Jadi jika sehari-hari kamu mengonsumsi kopi dengan cara yang disebutkan tadi, maka diberkatilah! Jangan buang ampas kopimu dan buatlah masker atau scrub sendiri.

Untuk cara membuat scrub dan masker kamu bisa lihat di artikel sebelumnya karena kami sudah membagi tipsnya berkali-kali. Dan untuk kita yang tak mau kerutan singgah hadir di wajah, sudah seharusnya menggunakan ampas kopi dan memanfaatkan antioksidannya agar tampak awet mudah.

Kopinya diminum, ampasnya diolah, dan semoga bahagia setelahnya!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.