TENTANG MESIN KOPI OTOMATIS DAN PERAWATANNYA

Cara kerja mesin kopi espresso otomatis diciptakan agar tiap orang mampu menikmati espresso berkualitas walau pun bukan seorang barista.

MESIN kopi espresso otomatis tentunya berbeda dengan mesin espresso manual yang membutuhkan keahlian seorang barista selama proses membuat sajian espresso. Dengan mesin kopi espresso, siapa pun tanpa keahlian barista mampu sajikan sajian espresso, asalkan mengerti dan mengikuti panduan teknis yang ada. Mesin kopi otomatis secara konsisten mengukur volume air panas yang digunakan dan secara otomatis menyesuaikan tekanan ketika air akan melalui bubuk kopi. Bahkan adanya mesin kopi espresso otomatis mengurangi kesalahan umum yang kerap dilakukan barista dan konsisten hasilkan sajian espresso berkualitas.

Sekilas alur komponen cara kerja mesin kopi otomatis ketika proses hasilkan sajian kopi.

  1. Biji kopi yang diisi secukupnya ke coffee bean tank akan digiling menjadi bubuk masuk ke corong brewing unit.
  2. Selanjutnya masuk ke tahap perataan bubuk kopi di bagian dalam brewing unit, serpihan bubuk yang berlebih akan masuk ke dreg plate.
  3. Kemudian air yang di isi ke water tank akan diambil serta dipanaskan, air panas ini nantinya melalui pipa internal dialirkan secara cepat ke brewing unit untuk melalui bubuk kopi saat proses ekstraksi.
  4. Hasil ekstraksi kopi menuju coffee spout jatuh ke cangkir kopi pada bagian luar mesin, dan ampas bubuk kopi jatuh ke dreg drawer pada bagian dalam mesin kopi.
Mesin Espersso Otten 712

Setiap komponen yang ada pada mesin kopi otomatis akan berkontribusi selama proses membuat espresso. Mengetahui alur kerja tiap komponen pada mesin kopi otomatis, akan memahami mengapa perawatan dan kebersihan mesin kopi sangat penting. Bayangkan jika mesin kopi otomatis yang ada di kantor kamu atau pun di hotel tempat kamu menginap, jarang dibersihkan. Tidak hanya rasa kopi yang terganggu, kerja komponen lainnya juga terganggu, bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada sistem operasi mesin. Sedikit tips perawatan saat membersihkan mesin kopi otomatis.

Perawatan Ketika Diperlukan
Tergantung banyaknya sajian kopi yang dibuat, membersihkan drip tray ketika wadah tetes sudah penuh, membersihkan dreg drawer dan dreg plate dilakukan ketika indikator pada mesin kopi muncul di layar. Membersihkan bagian luar sekitaran mesin kopi penting, untuk menjaga kebersihan meja bar dan tidak mengganggu proses kerja mesin kopi.

Perawatan Mingguan
Merawat kebersihan brewing unit menjaga konsistensi karakter rasa pada sajian espresso. Brewing unit yang jarang dibersihkan akan berpengaruh pada proses ekstraksi, jadi jangan heran jika espresso yang dihasilkan berbeda dari sajian espresso beberapa hari sebelumnya. Namun, tidak semua brewing unit bisa dilepas dari mesin kopi, maka baiknya melihat panduan buku petunjuk teknis untuk membersihkan mesin kopi otomatis kamu.

Perawatan Bulanan
Umumnya perawatan bulanan yang diperlukan untuk mesin kopi otomatis, adalah membersihkan internal dari aliran pipa disebut dengan descaling. Hal ini berguna untuk memastikan tidak ada kotoran disebabkan dari penggunaan air dan menjaga internal komponen lainnya tetap dalam keadaan baik untuk dioperasikan. Namun, umumnya mesin kopi otomatis ada sistem indikator tersendiri untuk mengukur apakah mesin kopi perlu melakukan descaling, bisa sebulan sekali atau pun tiga bulan sekali tergantung intensitas sajian kopi yang dibuat oleh mesin kopi

Mesin Espersso Otten 712

Lebih detail bagaimana membersihkan mesin kopi otomatis, lihatlah panduan di buku pentunjuk teknis. Ketika ingin melakukan perawatan membersihkan bagian internal atau pun bagian luar mesin kopi, yang perlu diperhatikan;

  • Pastikan mesin kopi dalam keadaan mati tidak terhubung dengan daya listrik
  • Jangan merendam komponen mesin kopi ketika membersihkannya
  • Bersihkan sesuai panduan buku petunjuk teknis

Masih bingung perawatan mesin kopi otomatis atau ada kendala lain selama mengoperasikannya. Yuk, diskusi tentang mesin kopi espresso otomatis di sini!

sumber
espresso-experts.com how to clean a super automatic espresso machine
knowyourgrinder.com how does an automatic espresso machine work

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.